News :

DAFTAR ISI

Pohon Kayu dan Buah Kaokah Baobab Sebagai Kayu Magis dalam Khasiat Fungsi dan Kontraversial

By : M Imron Pribadi



DAUR HIDUP POHON KAOKAH
Selamat datang di blog kami, dalam kesempatan kali ini team
Makrifat Business akan mengupas tuntas tentang berbagai khasiat, misteri, dilematis hingga pro  kontranya tentang pohon dan kayu serta buah legendaris Kaokah atau baobab. Jenis kayu atau pohon ini  memiliki banyak sekali nama sebutan yang mirip kosa katanya, diantaranya : Kaoka Kokka  Fukaha Kaukah koka Pukah Kauka Kok Kuk Foqoh Kaokah Baobab, baob dll. 

Pohon Kokka kaokah banyak tumbuh didalam hutan terutamanya dinegara-negara timur tengah kawasan Arab, Turki, Nigeria, Iran, Mesir , Afghanistan dan negara timur tengah lainnya. Kayu Kokka merupakan tanaman yang tersebar di seluruh daerah tropika. Pohon  kokka ada juga yang mengatakan berasal dari daratan india dan Afganistan. Tapi yang jelas kaoka jenis tanaman pohon yang hanya bisa tumbuh sumber di kawasan tropis terutama daerah semak semak di kawasan padang pasir.


Pohon Kokka tumbuh bercabang cabang serta rindang bisa hidup hingga ratusan bahkan ribuan tahun dengan ketinggian bisa mencapai 10 s/d 15 meter. Batangnya merupakan batang tegak, bulat, berwarna coklat dan tersusun dari pelepah daun  agak lunak . Ciri ciri daunnya memanjang hingga 10 – 45 cm dan lebarnya 6 – 14 cm.

MITOS MISTERI DAN KEAJAIBAN POHON - BUAH KAOKAH
Konon dalam legendanya yang sudah sangat terkenal dan sudah banyak diyakini dalam masyarakat bahwa Kayu kaukah atau buahnya adalah salah satu kayu/buah yang sangat tua riwayat nya. Sejak jaman dahulu kala, ketika waktu zaman Nabi Nuh as, beliau membuat perahu dengan bahan dari kayu kaukah.  Namun masih terdapat pro dan kontra tentang misteri perahu nabi Nuh AS apakah benar benar dari kayu kaokah atau baobab.

 Diriwayatkan dalam sebuah hikayat hingga cerita cerita dalam berbagai agama samawi bahwasanya ketika Bahtera Nabi Nuh AS hampir selesai di buat, tiba tiba saat itu orang-orang kafir yang dengki dengan pekerjaan Nabi Nuh AS beramai ramai buang hajat di atas perahu tersebut. Sehingga perahu tersebut konon penuh dengan  dengan kotoran manusia. Suatu hari seorang kafir buta terpeleset saat buang hajat dan jatuh di atas kotoran yang melekat di dinding perahu Nabi Nuh AS yang terbuat dari pohon kaokah, secara ajaib orang buta tersebut dapat melihat kembali.

Secara pribadi kami M Imron Pribadi selaku penulis meyakini bahwa perahu Nuh terbuat dari pohon kaokah atau baobab  sangat rasional karena pohon ini adalah sejenis pohon purba yang banyak hidup di benua Afrika. Pohon baobab sangat besar sekali, karena terlalu besarnya pohon ini  dapat dijadikan sebagai rumah tempat tinggal penduduk setempat. Kami team Makrifat Business mengutip dari salah satu gambar di samping ini dari website www.amusingplanet.com dimana pohon kaokah baobab dijadikan sebagai rumah tempat tinggal.

Konon waktu zaman nabi Musa as, beliau menunjukkan kemukjizatan dengan tongkatnya yang terbuat dari kayu kaokah waktu melawan penyihir raja Firaun dimana tongkatnya bisa berubah menjadi ular raksasa. Waktu zaman nabi Syuaib as dan nabi Sulaeman as juga meriwayatkan bahwa beliau menggunakan kayu kaokah untuk berbagai keperluan pada masa itu. Hingga pada jaman nabi Muhammad SAW kaokah oleh beliau  digunakan sebagai tasbih pilihan dan akhirnya diikuti oleh para sahabat  sahabatnya.

Dalam sebuah cerita dari para sahabat konon tasbih dan gagang pedang Nabi Muhammad SAW menggunakan Kayu Kaokah pilihan pada saat itu dan akhirnya para sahabat pun menggunakannya juga sebagai gagang pedang dan kebutuhan lainnya. dari sini sungguh nampak jelas sekali bahwa pohon kaokah adalah salah satu pohon surga yang dihidupkan oleh Allah swt dimuka bumi. Sebagai pohon purba yang sangat langka yang masih hidup hingga saat ini.

Ternyata di bumi pertiwi  Indonesia tanah air kita tercinta, pohon ini juga hidup di kota Subang Jawa Barat sebanyak 10 pohon.  Dimana pada akhirnya 10 pohon tersebut dipindahkan ke Universitas Indonesia pada masa kepemimpinan rektor Bapak Gumilar Sumantri. Dalam sejarah masa kepemimpinannya sang rektor, konon  juga hobi dan gemar dengan dunia mistis. Maka tidak heran dengan kewenanganya dia dapat memindahkan 10 pohon tersebut dengan biaya hampir 1 milyard dalam proses pemindahannya. Terkait dengan dunia mistis, ketika sang rektor mau lengser dari jabatannya, salah satu pohon ini tiba tiba tumbang di terjang hujan dan angin, secara akal sehat rasanya tidak mungkin pohon sebesar ini bisa roboh karena hujan dan angin dalam tekanan biasa, padahal di sekitarnya masih banyak pohon lain dan satupun tidak ada yang tumbang. Wallahu wa'lam.

Ada suatu cerita yang diyakini sebagian orang kebenaran nya, bahwa pada saat Nabi Muhammad SAW kelelahan dalam perjalanannya,  Beliau beristirahat dan bersandar di pohon Kaokah. Seketika daun dan dahan pohon kokka tersebut menaungi Beliau dari terik matahari dan Beliau juga mendengar  pohon tersebut berdzikir untuk beliau dan seraya Rosulullah SAW spontan membalasnya denganmengucap dzikir, doa dan syukur kepada-Nya atas perlindungan yang diberikan Allah swt melalui pohon kokka. Sehingga tidak diragukan lagi bahwa pohon kokka beserta buahnya benar benar pohon makrifat yang telah mendapat nur illahi robbi. Dalam cerita ini juga ada pro dan kontra, ada yang mengatakan pohona kaokah /baobab ada juga yang menyebutnya pohon kurma. Masih banyak lagi kisah kisah keajaiban dari kayu kokka.

Kisah diatas adalah sebuah riwayat turun-temurun yang diceritakan para pemuka agama samawi  seperti Yahudi, Kristen, dan Islam kepada anak-anak mereka sampai saat ini. Terlepas dari hubungannya dengan kisah para nabi, Kokka memiliki khasiat menakjubkan yang telah teruji dan terbukti secara Ilmiah untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Biji dan kayu Kokka dapat menyerap bisa racun dari organ tubuh yang digigit ular dan binatang beracun lainnya seperti disengat lebah dan kalajengking. Air rendamannya kokka dapat mengobati sakit gigi, radang tenggorokan, dan perut mual dll.

Tentu saja khasiat kayu kokka tersebut tidak serta merta dapat digunakan secara langsung oleh khalayak umum selayaknya penggunaan obat medik. Tentu ada syarat dan ketentuan yang harus dipatuhinya. Syarat dan rukun disini berlaku terutma kayu kokka maupun buahnya setelah di sulap menjadi jenis tasbih, tongkat, cincin, gelang, kalung dll dengan dzikir khusus atau baiat yang dilakukan pada jenis tasbih atau bentuk lainnya.

Misalnya kokka dalam bentuk sebuah tasbih yang sudah sering digunakan untuk berdzikir setiap hari lama, kelamaan dalam qurun waktu tertentu jika amalan yang dibaca  dilakukan penuh keikhlasan, pengesahaan Allah serta mentauhidkan Allah swt maka atas ijin Alllah keajaiban dari kayu kokka ini akan bermanfaat bagi pemiliknya. Insya Allah.

PRO DAN KONTRAVERSIAL POHON - BUAH KAOKAH
Terkait dengan buah kaokah yang sering dijadikan sebagai bahan utama tasbih, cincin, kalung serta berbagai ragam acecories dan handicraft lainnya ternyata juga masih terjadi pendapat pro dan kontra. Kami team Makrifat Business mengambil satu contoh di salah satu  website http://cypressbahteranuh.webs.com telah menjelaskan dengan percaya diri bahwa telah terjadi kekeliruan dilingkungan orang orang islam tentang buah dan pohon kaokah. Berikut kami kutip artikelnya yang berjudul "MITOS KOKKA".


"Sejak 20 tahun yang lalu rakyat Malaysia, Thailand, Singapura, Indonesia, Brunei serta Negara-negara lain yang beragama Islam terkeliru dengan kayu kokka yang telah disebar luas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Berbagai kenyataan di internet serta buku yang mengelirukan pengguna, kononnya kayu kokka digunakan untuk membina bahtera Nabi Nuh a.s dan mempunyai khasiat perubatan yang sangat tinggi. Ia kononnya dapat menyembuhkan berbagai-bagai penyakit misteri dan mistik. Kenyataan yang dikeluarkan melalui laman web menyebut buah kokka sukar diperolehi dan ia termasuk bahan larangan yang tidak boleh ditebang. Ada juga yang mengatakan kokkka akan berbuah 30 tahun sekali mengikut musim dan merupakan buah ajaib. Pokok ini mempunyai keajaiban yang luarbiasa, buahnya yang boleh dipetik dan terus dibuat tasbih atau dijadikan produk lain. Bahkan ada juga yang menyebut sesiapa yang memakai salah satu bahan yang diperbuat daripada kayu kokka ini akan menjadi kebal dan bermacam-macam lagi. Dakwaan yang diperbesar-besarkan ini akan menyebabkan pengguna salah faham, terutama mereka yang kurang berpengetahuan. Kini kokka menjadi buah mulut dan sebutan dikalangan masyarakat Melayu khususnya yang beragama Islam"

PENYELIDIKAN KOKKA

Ini adalah sebahagian dakwaan yang tersebar luas di Malaysia, Indonesia, Brunei, Thailand, Singapura, Arab Saudi, Jordan dan Mesir. Berdasarkan semua kenyataan tersebut jelaslah ia merupakan satu mitos yang amat mengelirukan dan meragukan. Apatah lagi ia berkaitan dengan para Nabi serta mukjizatnya dengan khasiat-khasiat tertentu, tanpa sebarang bukti perubatan secara saintifik, sejarah dan sebagainya. Melihat pokok yang didakwa di atas, ia adalah tergolong dalam kumpulan pokok Palma (Palm) yang berbuah. 

Buah ( muda ) pohon palma (Attalea Funifera) yang didakwa buah kokka
Cuba kita fikirkan, adakah boleh sebatang pokok daripada keluarga palma digunakan untuk membuat bahtera?. Apakah pokok palma boleh bertahan lama di atas air?. Apakah buahnya boleh digunakan untuk membina bahtera Nabi Nuh a.s.? Jawapannya sudah tentu, tidak sama sekali!. Ini kerana struktur fizikal pokok keluarga palma berbatang lembut, berserabut, mempunyai kandungan air yang banyak dan tidak bergetah serta berminyak. Ia menyerupai pokok kelapa, pokok pinang, pokok kurma, pokok kelapa Afrika atau pokok kelapa sawit. Pokok kokka yang didakwa tidak tertulis di dalam kitab agama, buku sejarah, sebutan daerah, negeri atau negara. Ia juga tidak dinyatakan oleh suku kaum terdahulu. Bila dilihat dari sudut farmakologi, ianya terdiri daripada keluarga palma yang sememangnya tidak boleh digunakan untuk membina bahtera.

BUAH ATTALEA FUNIFERA (TUA)


                                    Buah (Attalea Funifera) yang didakwa buah kokka

PENYELIDIKAN ASAS PERTAMA

Peringkat awal penyelidikan tentang kewujudan kokka, nama kokka dan kesannya terhadap pesakit adalah seperti berikut:
Apa yang pasti nama kokka tidak wujud dan ia merupakan rekaan semata-mata. Sehingga kini tidak terdapat nama kokka dalam kitab perubatan Islam, kitab perubatan kuno Mesir, kitab perubatan Yunani, kitab perubatan India, kitab perubatan China. Begitu juga tidak terdapat nama kayu kokka di negara-negara maju seperti Amerika, Eropah, China dan sebagainya. Setakat ini juga tidak terdapat nama panggilan kokka di daerah, negeri dan negara-negara tertentu. 
Hanya terdapat panggilan di negara Jepun iaitu kokka sejenis pokok berbatang kecil agak menjalar, berdaun lebar seperti daun sireh. Pokok ini digunakan untuk tujuan pemujaan di dalam upacara keagamaan ritual atau Shinto.

Hanya terdapat nama yang paling hamper iaitu Kuka, Coquilla, Coco De Mer atau Melanococa yang digunakan untuk menghasilkan minyak. Manakala buahnya boleh digunakan untuk membuat perhiasan seperti mangkuk, patung dan permainan kanak-kanak. 


Pokok yang didakwa kayu bahtera Nabi Nuh a.s. ini tidak tumbuh di Turki, Iran, Jordan dan Mesir ia hanya terdapat di Brazil dan Argentina. Ia didakwa kayu bahtera Nabi Nuh a.s. dan tongkat Nabi Musa a.s. adalah tidak benar.


Dakwaan kayu kokka, buah kokka, pokok kokka dapat mengelakkan dari gangguan jin, syaitan dan makhluk-makhluk halus serta penyakit misteri dan berbagai-bagai penyakit lain adalah satu fakta yang mengelirukan. Ia adalah satu khayalan semata-mata, pengguna dan pemakai perlulah menjauhi hal ini. 

Setakat yang diketahui sebutan kokka hanya dipelopori oleh masyarakat Melayu Islam di Brunei, Thailand, Indonesia, Malaysia serta penjual tasbih di Arab Saudi. Adapun bangsa Arab, Iran, China dan sebagainya dikatakan tidak pernah mendengar sebutan kokka.
Kesimpulan:

Produk yang dikeluarkan daripada bahan yang didakwa kokka tidak mendatangkan apa-apa manfaat atau faedah sebagaimana yang didakwa oleh penjual atau yang tersiar di laman web atau yang dibukukan. Ia semata-mata untuk tujuan perniagaan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Setakat ini belum ditemui bukti saintifik keberkesanan buah yang didakwa kokka tersebut mampu memberi manfaat untuk tujuan perubatan. Ia hanya boleh digunakan untuk menghasilkan minyak sahaja. Meskipun terdengar tentang kelebihan kokka seperti menyembuhkan gigitan serangga, buahnya direndam di dalam air kemudian diminum boleh menyembuhkan demam, keracunan, penawar gangguan makhluk halus, sakit urat dan sebagainya namun keberkesanan ini ada kaitan dengan kepercayaan bukan bukti perubatan.


PENYELIDIKAN ASAS KEDUA

Menerangkan dakwaan apa itu kokka, cirri-ciri kokka serta sepsis yang menyerupai kokka. Hasilnya adalah seperti berikut:

1. Pokok dan buah yang didakwa kayu bahtera Nabi Nuh a.s. dan tongkat Nabi Musa a.s. serta produk-produk lain seperti tasbih, gelang, cincin, tongkat adalah pokok palma. Keluarga palma terdiri dari pokok kelapa sawit, pokok kurma, pokok pinang, pokok nibung, pokok nipah, pokok kelapa mawar, pokok tar, pokok sagu dan pokok kelapa laut (kelapa Afrika).

2. Pokok yang didakwa mempunyai pelepah, berdaun panjang, berbunga mayang, kelopak seludang, batang bersabut, berpulur, lembut, berair, akar menjalar, tiada tunjang, berdaun pelepah menyeluruh mengikut ketinggian batang pokok.


3.Manakala pelepahnya berlapis seperti pokok kelapa sawit dan mengeluarkan buah antara 5 hingga 10 tahun dari permulaan ia ditanam. Ia diikuti berbuah pada setiap tahun sebanyak 150 hingga 350 biji buah pada setiap tandan. Ia hidup di dalam iklim tropika, berbaja, lembap dan keadaan taburan hujan yang menyeluruh membolehkan ia mengeluarkan buah, sama seperti pokok kelapa sawit.


4.Pokok yang didakwa ini adalah spesis keluarga Attalea. Terdapat 70 jenis spesis Attalea yang ditanam secara komersial. Buah Attalea Funifera diproses untuk membuat tasbih, gelang, cincin, barang permainan kanak-kanak sebagaimana yang berada dipasaran sekarang.


5. Ia juga dikenali sebagai Coquilla Nut dan banyak tumbuh di Brazil, Colombia, Argentina. Di Brazil pokok ini sudah dikomersialkan dan mempunyai ladang seluas antara 20 hingga 2000 hektar. Pokok ini banyak terdapat di daerah Bahr Brazil.


6.Kegunaan buahnya untuk menghasilkan minyak campuran makanan, minyak rambut, bahan kosmetik, sabun, gelatinminyak sayuran, krim, ubatan dan sebagainya mengikut permintaan negara. Minyak ini biasanya akan diekspot ke Turki, Mesir, Iran, Syria, Libya, Amerika, Afrika, China, India dan Malaysia.


7.Batang, pelepah atau kulit pokok untuk menghasilkan perabot saringan, campuran dalam makanan haiwan dan pembuatan atap.Bagi pengeluaran industi kampung pula tempurungnya boleh dijadikan kraf mengikut Negara, contohnya Arab Saudi, Mesir, Turki dan Iran. Manakala Brazil, Afrika dan India ia sangat popular untuk dijadikan barang perhiasan kerana mempunyai kulit tempurung yang keras dan halus. Manakala di Malaysia ia diproses untuk dijadikan tasbih kerana cantik, berwarna coklat dan keras.


8.Menurut sebutan orang Turki ialah Kuka atau dalam bahasa Perancis ialah Coco De Mer, dalam bahasa Melayu pokok Tar seperti pokok kelapa yang merupakan keluarga palma daripada kelas Liliopsida. Ia diimport dari Sri Lanka kemudian diproses di Turki untuk menghasilkan minyak dan tempurungnya diproses untuk dijadikan tasbih. Ketinggian pokok ini lebih kurang 34 meter. Manakala daunnya seperti kipas.Selain daripada itu terdapat spesis pokok palma yang nama saintifiknya ialah Pseudo Phonix Sargentii, negara Amerika menyebut Cherry Palm, Cuba menyebut Palma De Guinea, Republik Dominican menyebut Cacheo, manakala Mexico menyebut Kuka. Ketinggian pokok ini sekitar 4 hingga 8 meter dengan ukur lilit 30 cm seperti pokok pinang.


9. Buah yang didakwa kokka, akan bermianyak apabila digosok, ini disebabkan kandungan buah tersebut yang boleh menghasilkan minyak sebagaimana ia menepati cirri-ciri Attalea.

10.  Terdapat beberapa jenis pokok yang menyerupai atau yang didakwa kokka itu:
1.      Attalea Allenii
2.      Attalea Amygdalina
3.      Attalea Cohune
4.      Attalea Colenda
5.      Attalea Cuatrecasana
6.      Attalea Funifera
7.      Attalea Maripa
8.      Attalea Nucifera
9.      Attalea Oleifera
10.  Attalea Racemosa
11.  Attalea Septuagenata
12.  Attalea Tessmannii Coquilla

Kesimpulan:
Penyelidikan mendapati bahtera Nabi Nuh a.s. bukan dibina daripada pokok kokka atau buah kokka. Melihat struktur fizikal pokok tersebut ia amat mustahil untuk digunakan membina bahtera Nabi Nuh a.s. Ini disebabkan pokok tersebut amat kecil dan mempunyai batang yang berair. Sehingga kini kita belum pernah melihat pokok tersebut dapat menghasilkan produk seperti meja, kerusi, almari, cabinet, pakir dan sebagainya.Ketinggiannya juga tidak mampu untuk membina sebuah bahtera yang bersaiz besar.


Bagi yang memiliki buahnya ia sekadar hiasan yang cantik, keras, berminyak dan berkilat. Golongan yang mempercayai buah tersebut mengandungi khasiat tertentu dan rahsia mistik masih belum dapat dibuktikan sama ada melalui buku perubatan atau sejarah. Oleh itu nasihat kami kepada pengguna dan pemakai agar tidak terlalu taksub terhadap kayu yang didakwa kokka serta khasiat yang luar biasa. Ia sebenarnya adalah pokok palma yang bukan berasal dari bahtera Nabi Nuh a.s atau tongkat nabi Musa a.s. serta khasiat yang luar biasa"


Artikel tersebut diatas ditulis oleh :
MOHDMOKHLISBIN MUKHYI                                                                                                             STREAMTECH NETWORK (001467552-W) ( Sales Marketing Dept )                                                                                                                            NO 9 JALAN 32/119, TAMAN SERI BAYU,
NoH/P : 013-2666368                                                                                                                  SEKSYEN 32 40460 SHAH ALAM,
Email : mudaent@gmail.com                                                                                                                         SELANGOR. DARUL EHSAN 

BAHASAN KUPASAN 
Tulisan dalam artikel yang terkesan sangat menyudutkan dan menjustifikasi para pengguna tasbih acecories kaokah, hingga  kontradiksi dengan apa apa yang sering ditulis oleh team Makrifat Business  tentang pohon kaokah, baobab hingga pembahasan khasiat dan fungsi buah kaokah. Secara pribadi team Makrifat Business tidak menyalahkan atau langsung membenarkan dari tulisan tersebut. Namun dalam konteks wacana keilmuan yang selalu dan senantiasa berkembang dengan sengaja kami kutip artikel tersebut semata mata untuk menyajikan sebuah kebenaran dari berbagai pihak. Dimana pada titik akhirnya kami serahkan pada penilaian kita masing masing,  apakah membenarkan atau menyalahkan atau justru semakin meyakini tentang kelebihan dari tasbih kaokah. Karena dengan sesungguhnya  misteri, fungsi dan khasiat dari buah dan pohan kaokah ini tidak secara jelas dibahas dalam Al-Quran maupun hadist  gamblang dan terbuka. Tetapi secara jelas pohon dan buah kaokah adalah merupakan salah satu ayat ayat Allah swt yang terdapat di alam semesta ini untuk kita fikirkan dan kita renungi bersama, yang semata mata hanya dan untuk menambah ketaqwaan kita hanya dan untuk kepadaNya. amin.

Sebagai wacana keilmuan ada beberapa point pelajaran penting yang dapat kita petik dari artikel tersebut :

1. Perbedaan justifikasi tentang pohon kaokah dengan pohon baobab.
Artikel dalam http://cypressbahteranuh.webs.com tersebut diatas yang dimaksud digambar sebagai pohon kaokah oleh sang penulis adalah pohon palma (Attalea Funifera) sejenis pohon palm. Pendapat kami nyata nyata sangat jelas  sekali tidak mungkin dapat dijadikan sebagai alat perahu nabi Nuh AS. Jelas dalam hal ini logika saya secara pribadi membenarkannya, karena tidak mungkin jenis pohon palm dapat dijadikan sebagai bahtera perahu nabi Nuh AS yang sangat besar dan mampu menampung banyak hewan dan umatnya nabi Nuh AS.

Menurut saya pribadi dan beberapa para pecinta acecories kaokah, bahwa yang dimaksud bahan bahtera perahu Nabi Nuh AS adalah pohon kaokah adalah bukan pohon sejenis palm atau kelapa arab  tetapi yang benar adalah pohon baobab yang sangat besar, langka, ratusan hingga ribuan tahun usianya dan ada yang tinggi setinggi pohon palm bahkan lebih tinggi lagi. Coba perhatikan contoh contoh foto pohon kaokah atau baobab yang saya ambil dari beberapa website.

Pohon baobab atau kaokah yang sangat besar hingga dapat dijadikan sebagai rumah tempat tinggal. Foto ini kami ambil dari website  www.stampalibera.com 

 Nampak dalam  gambar diatas, bagaimana dapat kita bayangkan pohon baobab yang sangat  besar sekali, sehingga secara logika sangat masuk akal jika bahtera Nabi Nuh AS terbuat dari pohon baobab atau kaokah ini, karena nampak jelas sekali kebesaran pohon ini sepertinya tidak ada yang menyamainya.


Insya Allah jika sang penulis artikel tentang "MITOS KAOKAH" dalam websitenya di http://cypressbahteranuh.webs.com telah melakukan olah sumber data yang lebih akurat serta tidak menjustifikasi untuk membenarkan pendapatnya, maka pembahasannya tentu akan lebih ellegan untuk para pecinta acecories kaokah. Misalnya dengan memberi perbandingan antara buah kaokah dengan baobab.

2. Perbedaan buah Kaokah dengan buah Baobab.
Yang menarik dalam tulisan MITOS KOKKA pembahasan tentang buah kokka, yang dimaksud dalam tulisan tersebut adalah buah  pohon Attalea Funifera sejenis pohon palm. Hasil pengamatan dari team Makrifat Business sejak bergelut dalam industri  dunia tasbih kaokah, memang selama ini mayoritas bahan baku terbuat dari buah kokka atau kaokah. Sementara    bahan baku tersebut di import dari luar negeri dalam bentuk berupa buah kaokah atau palm atau sering disebut sebagai buah kelapa arab.

Jika kita amati dari artikel "MITOS KAOKAH" dalam websitenya di http://cypressbahteranuh.webs.com bahwa sang penulis hanya memberikan satu referensi tentang buah kaokah yaitu buah sejenis pohon palm atau kita sebut kelapa arab. Padahal antara buah  pohon palma (Attalea Funifera) atau kelapa arab, ini sangat berbeda sekali dengan buah baobab atau yang sering kami sebut sebagai pohon kaokah /baobab.


Justifikasi atau pembenaran terhadap buah kaokah memang masih pro dan kontra, karena para pengrajin tasbih ada yang memalsukan tasbih kaokah dari berbagai buah lainnya, diantaranya terbuat dari buah aren atau kolang kaling, buah palm yang lainnya, buah salak, tulang sapi, dll. Anda juga dapat membaca tulisan team Makrifat Business yang berjudul " KUPAS TUNTAS KAOKAH ASLI DAN PALSU" . Dari ulah para pengrajin tasbih nakal dan tidak bertanggung jawab tersebut sehingga bermunculan tasbih serta acecories kaokah palsu dipasaran, bahkan hingga masuk ke negara timur tengah pemalsuan ini. Mungkin dari sinilah sang penulis artikel MITOS KOKKA sangat gerah terhadap tulisan tulisan yang mengkultuskan, melebih lebihkan khasiat dan manfaat dari tasbih kakka.

3. Faktor sejarah, dan dalil yang masih belum jelas dipahami
Jika kita tengok sedikit kebelakang dari sejarah awal penggunaan tasbih, alat dzikir, hingga hukum dzikir pakai alat bantu serta dalil dalil Al-Quran Hadist tentang sejarah tasbih sudah menimbulkan pro dan kontra, ada yang membolehkan pakai tasbih, ada yang melarang pakai tasbih hingga mengharamkan pakai tasbih sebagai alatr dzikir. Dalam hal ini tasbih banyak dipakai oleh orang Salafi - As - Syafi'iyah dan beberapa madhab lain tidak memakai atau bahkan mengharamkannya. Sebenarnya hal ini semata mata adalah soal khilafiyah semata yang harus kita cermati sebagai rahmatan lil alamin atas kebesan dan kekuasaanNya.

Dari faktor historis ini jika dikembangkan memang akan meruncing dalam sebuah perbedaan dan perdebatan panjang yang tiada akhir tentang sejarah penggunaan tasbih yang dilakukan oleh Muhammad Rosullullah SAW. Hingga masuk ke arah bahan baku perahu nabi Nuh AS, tongkat nabi Musa AS. Disinilah perlunya kedewasaan berfikir, keikhlasan, kebesaran hati serta tata cara beribadah yang bijak kepada Allah swt serta pandai pandainya kita memahami kebesarannya dalam rahmatan lil alamin.

4. Sugesti, karomah,mistis dan mitos dari tasbih buah kaokah
Buah baobab khas Afrika sangat terkenal sekali di negara negara timur tengah, karena pohonnya yang unik, langka, dan super besar, ternyata buahnya memiliki khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan manusia. Buah baobab banyak mengandung vitamin C enam kali lebih banyak dari buah jeruk- seperti yang dilansir National Geographic, Baobab kini menjadi superstar di dunia buah-buahan. Buah asal Afrika ini juga mengandung anti oksidan sangat tinggi, memiliki kadar kalsium lebih banyak dari segelas susu, dan merupakan sumber pangan terbaik bagi asupan zat besi, potassium dan magnesium untuk tubuh. Selain memiliki banyak kandungan vitamin dan kalsium, Baobab juga mengandung Glycemic Index yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah ini juga mengandung serat lebih banyak daripada apel, peach, dan pisang. Rasa Baobab pun terbilang unik yaitu perpaduan antara anggur, pear dan vanila. Cara mengonsumsinya? Bisa dikeringkan dan dijadikan dalam bentuk sereal, atau dimakan langsung sebagai fruit snack. Sangat berguna untuk menyempurnakan asupan diet Anda.

Berikut ini kami sertakan foto foto buah baobab yang kami ambil dari berbagai sumber :





Dengan adanya perbandingan buah pohon kaokah /baobab tersebut diatas, nyata nyata jelas sekali sangat berbeda dengan buah  pohon Attalea Funifera sejenis pohon palm, karena dua jenis pohonnya adalah sudah berbeda dan tidak ada hubungannya sama sekali. Jadi buah baobab tidak mungkin untuk dijadikan sebagai bahan tasbih kaokah. Dengan demikian yang bisa dijadikan sebagai tasbih adalah hanya buah dari  pohon Attalea Funifera sejenis pohon palm. Dan dari jenis pohon palm inilah yang saat ini dijadikan sebagai bahan tasbih kaokah oleh team IMDA Handicraft dan Makrifat Business di desa Tutul Balung Jember.

ASAL BAHAN BAKU TASBIH BUAH KAOKAH
Buah pohon Attalea Funifera sejenis pohon palm, (gambar dapat anda lihat kembali diatas ) buahnya banyak di export ke negara timur tengah karena sangat berkhasiat untuk berbagai bahan kosmetik, minyak dll. Pohon dari buah ini  sering disebut juga Kayu Kaukah adalah sejenis tumbuhan palma, “Koka’ yaitu sebutan bagi orang Turki, ‘kuka’ asal katanya ‘Coco De Mer’ atau ‘Melanococa’ digunakan untuk menghasilkan minyak. Buah kaokah banyak dihasilkan dari spesies pokok palma ‘Attalea Funifera’. Ternyata kulit atau tempurung dari buah kaokah ini sangat keras, tebal dan kuat, maka di negara Turki dan timur tengah lainnya digunakan untuk berbagai acecories mulai gelang, kalung, cincin hingga tasbih.

Sehingga tasbih dari kaokah dari Mesir dan Turki terkenal ke berbagai negara negara islam di dunia terutama asia dan timur tengah. Kaokah sudah menjadi tasbih yang sangat terkenal dan harga juga tergolong mahal, secara otomatis jenis tasbih ini sudah tidak asing lagi dikalangan orang muslim. Sebagai tasbih yang memiliki kwalitas baik, tentu banyak digunakan oleh banyak para tokoh muslim yang sudah terbiasa dzikir menggunakan tasbih.

Bermula dari terkenalnya tasbih kaokah, tidak sedikit jenis tasbih ini sengaja atau tidak sengaja telah digunakan oleh para tokoh muslim untuk media berbagai kepentingan pengobatan melalui dzikir tasbih kaokah, dengan melalui berbagai cara, ada yang diminum, direndam dll. Karena tokoh tersebut tingkat keimanannya sudah tinggi dan dekat dengan Allah swt, secara otomatis Allah swt memberikan karomahnya pada orang tersebut melalui media tasbihnya. dari cerita, tradisi, prilaku yang demikian inilah tasbih kaokah akhirnya dikenal sebagai tasbih yang memiliki daya mistik tinggi.

Tasbih kaokah sudah terlanjur terkenal dan membudaya dalam penggunaan sebagai alat dzikir yang terbuat dari buah kaokah atau kuka sejenis palm. Sementara itu dikalangan ulama dan tokoh tokoh islam timur tengah yang sudah terbiasa berdzikir dengan alat bantu tasbih, juga sering menggunakan tasbih yang terbuat dari kayu baobab yaitu sebuah pohon  purba khas Afrika dengan usia ribuan tahun, konon dari pohon inilah alkisah perahu nabi Nuh AS terbuat. Tasbih baobab seiring dengan tasbih kaokah  akhirnya juga terkenal secara bersamaan dengan sebutan tasbih kayu kaokah. Tasbih kayu baobab Juga sering digunakan sebagai prosese ritual pengobtan alternatif dengan media dzikir menggunakan alat bantu tasbih. Sehingga dikalangan muslim timur tengah hingga seluruh dunia sudah mengenal dan tahu akan kelebihan tasbih yang terbuat dari buah kaokah dan  tasbih terbuat dari kayu baobab. 

Seiring dengan waktu akhirnya kisah dan kelebihan kedua tasbih tersebut terkenal dalam seni dan budaya islam diberbagai negara. Jadi pada akhirnya untuk mengambil keputusan untuk mempercayai atau tidak tentang kelebihan tersebut tergantung dari pribadi kita masing masing. Yang jelas kami team Makrifat Business dalam memakrifat hal ini, tasbih adalah hanya sekedar alat bantu atau media untuk berdzikir dan beribadah kepada Allah swt, adanya karomah tentu sepenuhnya adalah hak prerogatif Allah swt. 

Akhirnya muncullah kisah dan berbagai cerita mistis dan gaib tentang berbagai khasiat tasbih kaokah baobab sebagai pohon ajaib. Disini penulis  M Imron Pribadi menyebutnya sebagai salah satu pohon surga yang hidup di dunia, yang dimaksud sebenarnya adalah pohon baobab. Pohon baobab  karena usianya yang ratusan hingga ribuan tahun dan konon jenis kayu baobab  adalah jenis pohon kesukaan para malaikat Allah di muka bumi  serta Jin muslim yang rajin sholat, dzikir dan sujud kepadaNya.

Kayu Kokka baobab sangat familiar di kalangan bangsa di Afrika dan jenis kayu ini telah dilestarikan dari kepunahan karena sebagai kayu bertuah, langka dan memang sudah layak jenis kayu ini disebut sebagai salah satu pohon surga yang hidup di dunia ini. Karena keajaibannya sehingga kayu ini sejak jaman dahulu dipercaya sering  digunakan sebagai sarana para nabi mulai nabi Adam hingga nabi Muhammad SAW. misalnya sebagai tasbih, perahu, tongkat dll. hingga para wali Allah pun banyak yang menggunakan tasbihnya dari jenis kayu ini.

Semua khasiat dari  Kokka yang serba luar biasa bukan berarti kayu tersebut memiliki kekuatan megis, semua itu jika kita imani akan membuat kita syirik, maka berhati hatilah dalam hal ini. Yang jelas semua itu adalah atas kekuasaan Allah yang telah kita makrifati sebelumnya, tetapi kokka itu sebagai wasilahnya atau alat perantara dzikir kita dan sehingga alat dzikir kitapun mempunyai karisma tersendiri dari NurNya DzatNya asmaNya af'alNya hingga kebesarannya yang menjelma sebagai mukjijat kayu dan buah kokka.

Tasbih adalah sarana pengiring doa,apalagi tasbih yang dipakai dari kayu bertuah seperti kayu dan buah  kokka yang telah kami jelaskan diatas dan siapapun yang memilikinya, membawanya saja walaupun satu biji, dengan disertai amalan dzikir  dan memohonlah kepada Allah SWT agar Dilindungi dari bahaya, dll……. insya Allah. Akan bertambah lagi khasiatnya jika digunakan untuk berusaha, bekerja, menghadapi masalah, mengatasi gangguan kesehatan, membuka tabir sirr as sirr Allah hingga kemulian hidup dalam berumah tangga sampai akhirat nanti.

Kayu dan buah kokka adalah merupakan kayu yang paling tinggi mutunya dalam segala jenis kayu yang terdapat di muka bumi ini. Maka dengan keyakinan iman dan islam kami sebagai anak dalam negeri khususnya yang berasal dari desa Tutul  Balung Jember beriktikad baik menjadikan tasbih kaokah sebagai produk andalan yang siap berkompetisi sehat dan islami untuk meningkatkan kwalitas.

KAMI MELAYANI SEGALA BENTUK PEMBUATAN TASBIH, ACECORIS, GELANG, KALUNG, CINCIN,  DARI BERBAGAI KAYU, TULANG, BATOK PILIHAN SERTA DESAIN SESUAI DENGAN SELERA ANDA"
"KAMI JUGA MELANI SEGALA MACAM BENTUK PESANAN, MITRA KERJA, GROSIR, PRESELLER SERTA KERJA SAMA YANG SALING MENGUNTUNGKAN DENGAN DASAR DASAR VISI MISI MAKRIFAT BUSINESS"

Tasbih kayu kokka sering kita lihat ada dua warna, ada yang coklat dan hitam, kalau masih warna coklat berarti masih muda tetapi kalau warna hitam berarti sudah tua. Kalau kita punya yang warna coklat dan sering kita pakai untuk wirid lama kelamaan buah kokka itu akan berubah menjadi hitam  . Namun ada proses alami yang mempercepat proses perubahan warna pada jenis tasbih kokka yaitu dengan merendamnya didalam minyak goreng maupun minyak wangi lainnya non al kohol. Resep ini sekaligus untuk mengetahui tingkat keaslian dari jenis tasbih , kalung,gelang kokka kita. Karena setelah di rendam dalam minyak tersebut secara perlahan akan berubah warna menjadi coklat tua hingga hitam.

Dari resep ini kita akan mudah untuk mengetahui jenis kokka yang asli maupun yang bukan, karena ternyata banyak juga para pengrajin yang nakal dengan memanfaatkan kayu tertentu atau buah tertentu sebagai KOKKA PASLU. Lebih lanjut dalam tulisan yang lain kami menyebutkan jenis dan bahan baku pembuatan kokka palsu serta ciri cirinya hingga cara mengetes keasliannya.

Tasbih kayu dan buah kokka sudah kita ketahui bersama bahwa tasbih jenis ini banyak kelebihannya atau manfaatnya, yang jelas semua manfaatnya yang pasti hanya  karena ALLAH swt. Tidak diragukan lagi tasbih kokka yang sudah dibaiat atau sering dipakai dzikir sebagaimana yang kami uraiankan diatas akan juga dapat  berfungsi untuk mengatasi gangguan jin atau syetan, roh jahat dengan cara mengkalungkan atau meletakkannya pada si penderita bahkan dapat kita gunakan kalung saat tidur maupun aktifitas lainnnya dan selain itu akan memudahkan kita setiap saat ingat tasbih kokka ingat dzikir.

Selayaknya  acecories atau souvenir maupun bentuk lainnya  yang terbuat dari Kayu Kokka seharusnya dan jangan sampai dibawa ketempat maksiat dalam bentuk apapun atau dipakai melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah swt, karena kayu ini memiliki nilai dan kadar makrifattullah yang luar biasa, karena dapat dibuktikan baik dari sejarah maupun ilmiahnya. Bahkan tasbih yang terbuat dari kayu kokka menurut ulama besar dan ahli makrifatullah tidak bisa dihinggapi atau ditempati jin dan syetan karena tasbih ini adalah salah satu kayu yang sering di tempati oleh malaikat. Subhanalllah.

100% ASLI KOKKA
  TIDAK ASLI UANG KEMBALI, KARENA KAMI DEDNGAN MAKRIFAT BUSINESS ADALAH EXCELEN SERVICE !!!!!
Tasbih  kerajinan kokka  buatan / rakitan / finishing  dari IMDA Handicraft Tutul Balung Jember Jawa Timur .  dengan bahan baku tetap didatangkan langsung dari Timur tengah baik yang bahan mentah atau semi jadi. Kerajinan tasbih Balung tutul salah satunya Tasbih Kokka sudah terkenal sejak dulu, bahkan di EKSPORT kembali ke Madinah, Pakistan, Malaysia, Singapura, Turki, Iran, Kairo, Mesir dan  negara timur tengah lainnya hingga manca negara dan menembus daratan Eropa, Amirika dan Australia.

Kami "MAKRIFAT LEBERAL" dalam MAKRIFAT BUSINESS nya sudah satu hati satu tekad memakrifati business ini sebagai  wasilah silaturrahmi ukhuwah islamiah serta jalinan silaturrahmi spiritual karena kami obtimis business yang di makrifati akan mampu menjiwaiNya dalam setiap usaha kita.

Saya Bangga dengan  kemampuan pengrajin dalam negeri khususnya dari Balung Tutul Jember, dengan Makrifat Business kami akan menggerakkan business yang islami dan berdasarkan syariat yang benar sehingga memliki makna rahmatan lil alamin. amin.

Mohon maaf... jika ada salah dalam tulisan ini, mohon saran dan kritik jika ada info info yang lebih aktual kebenarannnya, karena kebenaran dalam tulisan ini hanyalah kebenaran yang bertahab dan bukan kebenaran mutlak, sebab hakekatnya kebenaran hanya milik Allah swt.

"Tasbih khas Balung Tutul Jember "



sumber artikel :
www.indonesiaindonesia.com
aditbonafarte.wordpress.com
www.baobabfoods.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Baobab
baobabtheband.com
www.marzocca.net/linux/baobab
baobabhealth.org
dll

Share this article :