News :

DAFTAR ISI

Kupas TUNTAS Membedakan KAUKAH asli DAN KOKKA Palsu

Ahlan Wa Sahlan wahai saudara muslim, Salam "makrifat business" untuk kita semua, semoga kita selalu dalam lindungan Allah swt Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan sekalian alam jagad raya,  semoga kita selalu dimudahkan rezeki serta kemudahan dalam hidup ini, dalam segala hal dan sehingga segala hal menjadi mudah atas kehendakNya. Amin. Kali ini kami sajikan produk terbaru dari IMDA Handicraftyang dipasarkan oleh team makrifat business online offline mempersembahkan sebuah produk berupa tasbih muslim dari berbagai bahan dengan kwalitas export.

Team MAKRIFAT BUSINESS Berikut ini  akan menyajikan KUPAS TUNTAS TENTANG KAOKAH ASLI DAN PALSU. Mengingat banyak sekali teman-teman, para pelanggan, para pembaca website MAKRIFAT BUSINESS yang kirim email, sms bahkan silaturrahmi by phone hingga secara langsung datang ke tempat tinggal kami. Sebagian besar dari mereka menyarankan agar kami menulis dengan detail tentang perbedaan yang jelas serta cara membedakan antara kokka asli dan palsu.


MAKRIFAT BUSINESS  menyadari bahwa kami juga sedang berproses dengan berbagai penelitian serta mencoba memahami seluruh literatur yang ada tentang mistery POHON KOKKA. Hasil kesimpulan pertama adalah mengidentifikasi tentang ciri ciri  tasbih  kaokah asli. Pembahan dalam topik kali ini lebih di titik beratkan pada bentuk produk tasbih yang terbuat dari kaokah dan beberapa hal terkait dengan cerita mistis, mitos terkait dengan seputar tasbih kaokah. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang pro dan kontra seputar polemik tasbih, pohon, buah dan bahan baku kaokah anda bisa klik link berikut ini "Pohon Kayu dan Buah Kaokah Baobab Sebagai Kayu Magis dalam Khasiat Fungsi dan Kontraversial " Adapun ciri ciri utama tasbih kaokah asli adalah sebagai berikut :
  1. Yang disebut buah kaokah kokka kuka yang dijadikan tasbih dan acecories lainnya sebenarnya adalah buah pohon Attalea Funifera  sejenis pohon palm seperti Kuka, Coquilla, Coco De Mer atau Melanococa.
  2. Pohon Attalea Funifera (arecaceae) tentu kayunya kasar dan berserat, sehingga jika dibuat tasbih tidak sehalus dan seperti buahnya, namun jika pengrajin tasbihnya ahli dalam membuatnya maka tasbih yang terbuat dari pohon kaokah akan lebih baik dari buahnya, walau terkesan lebih kasar, tapi saat ini jarang sekali yang membuatnya. 
  3. Untuk memahami lebih jauh tentang sebenarnya buah kaokah berikut ini kami kutip dari sebuah website http://plantgenera.org telah memuat foto pohon dan buah  attalea funifera sebagai berikut :   
           













  4. Tasbih yang beredar di pasaran saat ini mayoritas terbuat dari buah kaokah bukan dari kayunya, karena faktor kesulitan dalam proses pembuatannya. 
  5. Sementara itu bersamaan dengan beredarnya tasbih yang terbuat dari buah kaokah (alattea funifera) di negara islam timur tengah juga beredar tasbih yang diklaim terbuat dari kayu kaokah atau kayu baobab. Padahal antara buah kaokah (alattea funifera) dengan  kayu kaokah (baobab) adalah dua jenis tanaman yang berbeda. Namun kami team Makrifat Business selama ini belum pernah membuat tasbih kaokah yang terbuat dari bahan kayunya, jadi hanya sering melihat beberapa tasbih milik para kyai dan beberapa orang yang mengklaim tasbih yang terbuat dari kayu kaokah asli bukan buahnya. Berikut ini kami sertakan contoh pohon baobab yang sering diklaim sebagai pohon kaokah dan sekaligus sebagai bahan baku bahtera nabi Nuh AS. 




  6. Kokka asli baik kayu maupun buahnya adalah tenggelem plung langsung kedasar bawah air
     atau kolam yang sangat dalam. 
  7. Untuk buah kokka ada dua jenis yang pertama tidak ada isinya atau sering disebut juga buntu, buntet, buta dll dan yang kedua ada isinya alias lubang atau kokka wanita/perempuan. 
  8. Untuk lubangnya sendiri juga ada keunikan, secara universal lubangnya ada tiga, namun juga  terjadi keanehan sering saya temukan lubangnya ada satu,tiga, empat dan lima.
  9. Bicara soal buah kokka perempuan, isi dari buah kokka inilah yang menjadi bahan minyak  kaokah. Kebetulan kami memproses minyak kaokah ini secara tradisional alias melalui perebusan.
  10. Kokka asli buahnya selalu memiliki tanda tanda retak, baik retak secara langsung maupun didalamnya.
  11. Kokka asli tidak selamanya berwarna coklat karena kokka juga ada yang berwarna putih, putih coklat, coklat muda, coklat tua bahkan hitam legam.
  12. Buah kokka akan jatuh setelah berusia rata-rata 50 tahun lebih dan tetapi juga ada yang sudah tua hanya umur beberapa puluh tahun, namun kwalitasnya memang bukan yang super.
  13. Kokka asli juga ada yang tidak memiliki retak sama sekali, tetapi tetap memiliki serat yang khas serta aroma khas kokka.
  14. Kokka yang asli selalu berbau minyak khas kokka yang tidak bisa di tipu maupun di tiru.
  15. Kokka asli jika dimasukkan dalam minyak goreng, kemiri atau minyak non alkohol maka akan selalu berubah warnya menjadi coklat tua hingga kehitaman.
  16. Kokka asli selamanya tidak akan pernah luntur warnanya karena semakin lama akan semakin coklat tua hingga hitam legam berkilau.
  17. Kokka asli memiliki berat khas serta suara yang khas pula dalam benturan sesam butirannya.
  18. Kokka asli jika direndam atau decelup atau di olesi dengan berbagai minyak alami non alkohol maka akan berubah warnanya menjadi coklat tua, begitu juga yang putuh akan langsung berubah menjadi hitam.
  19. Kokka asli jika setelah di rendam minyak alami maka warnanya akan kembali seperti semula secara perlahan tetapi akan berubah lebih kelihatan tua dan goresan retaknya akan semakin kelihatan, tapi jangan kwatir goresan retak inilah justru ciri has kokka asli dan tidak akan pecah, jika terpaksa kokka anda pecah jangan risau, ambil pecahannya dan tempelkan perlahan dengan perekat besi misalnya lem elteco dll.

MAKRIFAT BUSINESS dalam penelitian dan penelusuran tentang berbagai bentuk penipuan dan pemalsuan tasbih kokka ini terjun langsung dalam proses pembuatan dan penjualan. Sebenarnya bahan yang dapat dijadikan untuk membuat kokka palsu tidak hanya biji kolang kaling saja tetapi masih banyak lagi, mislanya tulang yang digoreng, biji salak, biji pocok, serta berbagau jenis biji bijian yang lainnya dll.

 Berikut ini akan kami jelaskan tentang ciri ciri tasbih kaokah palsu yang banyak beredar dipasaran  terbuat dari biji kolang kaling :
  1. Bahwa biji kolang kaling yang semula berwarna putih jika sudah dilakukan penggorengan maka akan berubah warna coklat tua kehitaman
  2. bahwa biji kolang kaling jika sudah di goreng tetap saja akan mudah mengeluarkan jamur, namun jamur ini akan hilang jika dibersihkan dengan kain halus dan lebih lebih jika direndam dalam minyak kokka atau minyak alami lainnya akan semakin cerah lagi warnanya dan tidak akan mengalami perubahan seperti kokka asli.
  3. Biji kolang kaling yang disulap menjadi kokka palsu jika butirannya di pecah maka tetap saja berwarna putih, namun ada pemalsuan yang lebih canggih warnanya juga bisa berubah coklat setelah mengalami proses kimia.
  4. Tasbih kokka palsu dari biji kolang kaling memiliki berat yang hampir sama dengan biji kokka asli.
  5. Tasbih kokka palsu dari biji kolang kaling untuk membuktikan harus di belah, walau sudah di goreng tetap saja di dalamnya masih warna putih.
  6. Tasbih kokka palsu dari kolang kaling, jika semakin lama dipakai warna akan berubah menjadi coklat muda dan cenderung lama kelamaan memutih.
KOKKA PALSU TERBUAT DARI KAYU STIGI LAUT YANG TUA:


  1. Karena faktor kelangkaan tasbih kaokah yang terbuat dari ubatang kayunya saat ini sudah langka dan bahkan kayunya saat ini tidak boleh beredar atau di jual belikan. Sehingga tasbih kaokah yang terbuat dari kayu benar benar langka.
  2. Tasbih kaokah dari kayu tekturnya tidak sehalus yang terbuat dari buah, secara kwalitas kayu kaokah dengan buahnya lebih keras buahnya serta tasbih dari buah kaokah lebih halus dan berkilau.
  3. Tasbih Kayu kaokah memang sangat keras namun seratnya lebihnya nampak, kalau dibuat perbandingan serat kayu kaokah mirip sekali dengan kayu stigi laut yang sudah sangat tua atau bahasa makrifat business dengan sebutan galih stigi.
  4. Tidak sedikit kami temukan tasbih kayu kaokah asli ternyata palsu karena terbuat dari kayu stigi laut yang sudah tua dan lama di potong.
  5. Tidak sedikit para pedagang nakal menjual tasbih stigi ke timur tengah dan disana di sulap menjadi tasbih kayu kaokah. karena kami pernah melihat seseorang sepulang dari haji sambil menunjukkan tasbih kaokah asli yang baru dibeli dari tanah suci, setelah saya perhatikan ternyata bukan tasbih kayu kaokah asli tetapi kayu stigi yang berasal dari Indonesia.
  6. Pada saat stock kayu stigi masih mudah didapat kami team Makrifat Business sering mengexport tasbih stigi ke timur tengah dengan dibuat desain khusus seperti tasbih kaokah, kemungkinan besar tasbih inilah yang nantinya disana dijual oleh pedagang nakal sebagai tasbih kayu kaokah palsu. (wallahu wa'lam).
  7. Untuk lebih jelasnya akan kami berikan contoh foto tasbih dari kayu kaokah yang mirip dengan kayu stigi laut yang sudah tua.

Berikut ini akan kami jelaskan tentang ciri ciri kokka palsu yang terbuat dari tulang sapi yang diproses kimia warna khas kokka :
BERSAMBUNG......
Share this article :
 
Galery Handicraft khas desa TUTUL - Jember www.makrifatbusiness.net persembahan dari "M Imron Pribadi" bersama team