DAFTAR ISI

Home » , , » Pohon Kayu Kaokah Kokka Baobab Kok Kuka Melanococa Boab Adansonia gregorii

Pohon Kayu Kaokah Kokka Baobab Kok Kuka Melanococa Boab Adansonia gregorii

INILAH CONTOH GAMBAR DARI POHON KOKKA  KAOKAH YANG SUDAH LEGENDARIS  MEMILIKI SEJARAH PANJANG DALAM KENABIAN DAN KEROSULAN, SEHINGGA KISAH KISAHNYA TELAH MENYERTAINYA SEIRING DENGAN USIANYA YANG RIBUAN TAHUN SEBAGAI SAKSI NYATA DARI SEJARAH DUNIA DAN ISLAM. KONON POHON KOKKA INI SERING SEKALI DISEBUT SEBUT SEBAGAI SALAH SATU POHON SURGA YANG HIDUP DI MUKA BUMI INI.

by : M Imron Pribadi
Salam "MAKRIFAT BUSINESS" untuk kita semua, untuk para pembaca, para pelanggan setia, juga semuanya yang sedang membaca artikel tentang pohon atau kayu kaokah yang ditulis oleh M Imron Pribadi dengan mengacu berbagai sumber serta penelitiannya tentang pohon kaokah.

Secara universal jika kita berbicara tentang kaokah, maka kita akan  banyak sekali mengenal nama sebutan dari kayu kaokah diberbagai dunia diantaranya : Kaoka Kokka  Fukaha Kaukah koka Pukah Kauka Kok Kuk Foqoh Kaokah Baobab dll.

Pokon kaukah tumbuh bercabang dengan tinggi antara 1-10 meter. Batangnya merupakan batang semu, tegak, bulat, berwarna coklat dan tersusun dari pelepah daun ( agak lunak ). Daunnya memanjang hingga 10 – 40 cm dan lebarnya 8 – 12 cm. Bentuk pohon unik, karena gendut seperti buah bawang. Pohon ini dari cara hidupnya biasanya di semak semak tepi laut atau sungai dan juga hidup di daratan padang tandus.

Kayu Kaukah atau sering disebut juga Kayu Kokka adalah sejenis tumbuhan palma, "Kokka' yaitu sebutan bagi orang Turki, ‘kuka’  asal katanya ‘Coco De Mer’ atau ‘Melanococa’ digunakan untuk menghasilkan minyak,” katanya. Menurut Abdul Manan, kayu kokka  dihasilkan dari spesies pokok palma ‘Attalea Funifera’

Pada umumnya  kaukah banyak tumbuh didalam hutan terutamanya di negara-negara Arab, Turki, Nigeria, Iran, Mesir dan Afghanistan. Kayu kaukah merupakan tanaman hutan berupa semak dan bersifat tahunan (perennial) yang tersebar di seluruh daerah tropika. Tanaman kaukah tumbuh subur dan liar disekitar hutan / bekas kebun. Ia banyak tumbuh di negara-negara Arab, ada juga yang mengatakan bahawa kaukah berasal dari India.  Tetapi dari beberapa penelitian pohan kaokah juga hidup di benua Australia.

Menurut salah satu website http://www.expedition360.com ternyata pohon kaokah atau Boab (Adansonia gregorii)  juga terdapat di benua Austalia, untuk lebih jelasnya mari kita baca cuplikan dari website tersbut :


"Famed as Australia’s most grotesque tree, the Boab (Adansonia gregorii) is only found from the south-western Kimberley to the Northern Territory’s Victoria River. This is the area within Gregory National Park, which we are currently passing through. Augustus Gregory explored this area in the mid 1850s, and both the park and the tree are named in his honour. (see today’s history update)

The Boab grows on flood plains and in rocky areas. The one in our photograph is on the bank of the Humbert River. Its huge, grey swollen trunk topped by a mass of contorted branches make it a fascinating sight, particularly during the dry season when it loses its leaves and becomes “the tree that was planted upside-down”.

Although Boabs rarely grow higher than twenty metres, their trunks can be over twenty-five metres around. These giant bottle-like trunks store the moisture these trees need to survive in the hot tropical environment, and can be an emergency source of moisture to someone lost in the bush"

Pada Tahun 77-78 SM, Dioscorides menyebut tanaman ini sebagai Cyperus, menyerupai kemenyan, pahit, kelat dan sedikit pedas tetapi tidak beracun. Tanaman ini banyak diusahakan di Asia Selatan khususnya di India, Iran, Nigeria dan Mesir.

Pohon kokka sebagai salah satu pohon purba islam yang usianya sudah ribuan tahun, ini dapat dilihat dari buahnya saja memiliki kwalitas yang sangat istimewa karena buah kaokah baru jatuh dari pohonnya setelah usia rata rata 40 - 50 tahun baru bisa jatuh. Ciri ciri pohon kaokah ini justru tekturnya lebih keras daripada kayunya serta memiliki serat yang lebih lembut dari kayunya bahkan buahnya adalah merupakan resume dari galihnya kayu kaokah yang usinya ribuan hingga jutaan tahun sebelum masehi.
Menurut cerita kayu kaukah adalah merupakan kayu yang paling tinggi mutunya dalam segala jenis kayu yang terdapat di muka bumi ini. Karena kayu kaukah ini telah digunakan sejak zaman Nabi-nabi yang terdahulu. Contohnya seperti bahtera Nabi Nuh AS, tongkat Nabi Musa AS, tongkat Nabi Syuaib AS dan tasbih Nabi Muhammad SAW dibuat dari kayu kaukah
.

Kayu kaukah sangat familiar dan disukai sebahagian orang khususnya umat Muslim. Kayu kaukah dianggap Kayu yang memilik “derajad” paling tinggi diantara kayu-kayu lainnya. Dipercaya membawa “khasiat & mamfaat” bagi sipemakai juga disekitarnya. Menurut cerita kayu kaukah adalah merupakan kayu yang paling tinggi mutunya dalam segala jenis kayu yang terdapat di muka bumi ini. Karena kayu kaukah ini telah digunakan sejak zaman Nabi-nabi yang terdahulu. Contohnya seperti bahtera Nabi Nuh AS, tongkat Nabi Musa AS, tongkat Nabi Syuaib AS dan tasbih Nabi Muhammad SAW dibuat dari kayu kaukah.


Pohon kokka sebagai salah satu pohon purba islam yang usianya sudah ribuan tahun, ini dapat dilihat dari buahnya saja memiliki kwalitas yang sangat istimewa karena buah kaokah baru jatuh dari pohonnya setelah usia rata rata 40 - 50 tahun baru bisa jatuh. Ciri ciri pohon kaokah ini justru tekturnya lebih keras daripada kayunya serta memiliki serat yang lebih lembut dari kayunya bahkan buahnya adalah merupakan resume dari galihnya kayu kaokah yang usinya ribuan hingga jutaan tahun sebelum masehi.

Konon banyak kitab kitab para nabi dan rosul bahkan kitab Saidina Ali RA salah satu kholifaur rosyidin kitabnya di tulis dari kulit kayu kaokah dan hingga kini masih abadi serta mengeluarkan aroma yang khas kaokah masih melekat.


 Pohon Kaoka banyak tumbuh didalam hutan terutamanya dinegara-negara timur
tengah kawasan Arab, Turki, Nigeria, Iran, Mesir , Afghanistan dan negara timur tengah lainnya. Kayu Kokka merupakan tanaman yang tersebar di seluruh daerah tropika. Pohon  kokka ada juga yang mengatakan berasal dari daratan india dan Afganistan. Tapi yang jelas kaoka jenis tanaman pohon yang hanya bisa tumbuh sumbur di kawasan tropis terutama daerah semak semak di kawasan padang pasir.

Pohon Kokka tumbuh bercabang cabang serta rindang, seperti pada gambar yang telah kami sajikan. Jenis pohon ini bisa hidup hingga ratusan bahkan ribuan tahun hingga jutaan tahun dengan ketinggian bisa mencapai 10 s/d 15 meter. Batangnya merupakan batang tegak, bulat, berwarna coklat dan tersusun dari pelepah daun  agak lunak . Ciri ciri daunnya memanjang hingga 10 – 45 cm dan lebarnya 6 – 14 cm.

Kayu kaukah adalah salah satu kayu yang sangat tua riwayat nya, sejak jaman dahulu kala, ketika waktu zaman Nabi Nuh as,beliau membuat perahu dengan bahan dari kayu kaukah. Waktu zaman nabiMusa as, beliau menunjukkan kemukjizatan dengan tongkatnya yang terbuat dari kayu kaukah waktu melawan penyihir raja Firaun dimana tongkatnya bisa berubah menjadi ular raksasa. waktu zaman nabi Syuaib as dan nabi Sulaeman as juga meriwayatkan bahwa beliau menggunakan kayu kaukah untuk berbagai keperluan pada masa itu. Hingga pada jaman nabi Muhammad SAW kaoka oleh beliau digunakan sebagai tasbih pilihan dan diikuti oleh para sahabat  sahabatnya.

Diriwayatkan dalam sebuah hikayat hingga cerita cerita dalam berbagai agama samawi bahwasanya ketika Bahtera Nabi Nuh AS hampir selesai di buat, tiba tiba saat itu orang-orang kafir yang dengki dengan pekerjaan Nabi Nuh AS beramai ramai buang hajat di atas perahu tersebut. Sehingga perahu tersebut konon penuh dengan  dengan kotoran manusia. Suatu hari seorang kafir buta terpeleset saat buang hajat dan jatuh di atas kotoran yang melekat di dinding perahu Nabi Nuh AS. Secara ajaib orang buta tersebut dapat melihat kembali. Ternyata perahu nabi Nuh AS yang dibuatnya hingga memakan  waktu yang lama, karena sebenarnya perahu tersebut terbuat dari pohon Kaokah yang sangat keras, kuat, tahan segala cuaca serta kayu surga yang hidup di alam ini.

 Begitu banyak sekali keajaiban keajaiban serta khasiat dari kayu kokka baik yang berupa batang mapun buahnya yang telah disulap menjadi tasbih, gelang, serta berbagai acecories kaokah. Konon dalam sebuah hadist pernah diriwayatkan pada saat Rosulullah SAW istirahat di bawah pohon kakka seraya beliau mendengar bahwa pohon tersebut berdzikir untuk beliau dan seraya Rosulullah SAW membalas dengan doa untuk pohon kokka tersebut dan masih banyak lagi kisah kisah keajaiban dari kayu kokka.

Kisah diatas adalah sebuah riwayat turun-temurun yang diceritakan para pemuka agama samawi  seperti Yahudi, Kristen, dan Islam kepada anak-anak mereka sampai saat ini.

 Terlepas dari hubungannya dengan kisah para nabi, Kokka memiliki khasiat menakjubkan yang telah teruji dan terbukti secara Ilmiah untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Biji atau buah kaokah serta kayu pohon Kokka dapat menyerap bisa racun dari organ tubuh yang digigit ular dan binatang beracun lainnya seperti disengat lebah dan kalajengking. Jenis kaokah yang seperti ini adalah jenis kayu atau buah kaokah yang sudah di buka aura energynya dengan berbagai bacaan dzikir atau secara alami yang memiliki kadar tuah yang tinggi.

Kami team Makrifat Business telah memakrifati tasbih kaokah yang sering dipakai dzikir oleh jiwa yang ikhlas, tulus karena Allah swt, atas ijinNya juga air rendamannya tasbih kaoka dapat mengobati sakit gigi, radang tenggorokan, dan perut mual, penyakit dalam, setress, dll.

Bahkan atas ijin Allah swt, air hangat bekas rendaman tasbih kaokah yang sering dipakai wirid dan dzikir oleh orang orang yang ikhlas hatinya, dapat disiram kan pada kamar mandi, WC atau  ruang dapur serta kamar yang bau busuk atau kurang sedap, walau sudah dibersihkan tetapi tetap saja mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Insya Allah tempat tersebut secara tiba tiba aroma busuk atau tidak sedap tersebut atas ijin Allah swt akan hilang. Hal ini dapat terjadi karena jin dan syetan yang bersemayam di tempat tersebut telah pergi.


Tentu saja khasiat kayu kokka tersebut tidak serta merta dapat digunakan secara langsung oleh khalayak umum selayaknya penggunaan obat medik. Tentu ada syarat dan ketentuan yang harus dipatuhinya. Syarat dan rukun disini berlaku terutama kayu kokka maupun buahnya setelah di sulap menjadi jenis tasbih, tongkat, cincin, gelang, kalung dll dengan dzikir khusus atau baiat yang dilakukan pada jenis tasbih atau bentuk lainnya.

Misalnya kokka dalam bentuk sebuah tasbih yang sudah sering digunakan untuk berdzikir setiap hari lama, kelamaan dalam qurun waktu tertentu jika amalan yang dibaca  dilakukan penuh keikhlasan, pengesahaan terhadap Allah swt serta mentauhidkan-Nya,  maka atas ijin Allah keajaiban dari kayu kokka ini akan bermanfaat bagi pemiliknya. Insya Allah.

Kokka sebagai pohon ajaib disini kami team Makrifat Business  menyebutnya sebagai salah satu pohon surga yang hidup di dunia. Sehingga kayu ini atas iman kami kepadaNya insya Allah jenis kayu ini tidak akan dijadikan rumah oleh syetan dan jin kafir. Karena kayu ini adalah jenis kayu kesukaan para malaikat Allah yang rajin sholat dzikir dan sujud kepadaNya.

Kayu Kokka sangat familiar di kalangan ummat islam karena sebagai kayu bertuah dan memang sudah layak jenis kayu ini disebut sebagai salah satu pohon surga yang hidup di dunia ini. Karena keajaibannya sehingga kayu ini sejak jaman dahulu selalu digunakan sebagai sarana dan prasarana para nabi mulai nabi Adam hingga nabi Muhammad SAW. misalnya sebagai tasbih, perahu, tongkat dll. hingga para wali Allah pun banyak yang menggunakan tasbihnya dari jenis kayu ini.

Semua khasiat dari  Kokka yang serba luar biasa bukan berarti kayu tersebut memiliki kekuatan megis, semua itu jika kita imani akan membuat kita syirik, maka berhati hatilah dalam hal ini. Yang jelas semua itu adalah atas kekuasaan Allah yang telah kita makrifati sebelumnya, tetapi kokka itu sebagai wasilahnya atau alat perantara dzikir kita dan sehingga alat dzikir kitapun mempunyai karisma tersendiri dari NurNya DzatNya asmaNya af'alNya hingga kebesarannya yang menjelma sebagai mukjijat kayu dan buah kokka.

Tasbih adalah sarana pengiring doa,apalagi tasbih yang dipakai dari kayu bertuah seperti kayu dan buah  kokka yang telah kami jelaskan diatas dan siapapun yang memilikinya, membawanya saja walaupun satu biji, dengan disertai amalan dzikir  dan memohonlah kepada Allah SWT agar Dilindungi dari bahaya, dll……. insya Allah. Akan bertambah lagi khasiatnya jika digunakan untuk berusaha, bekerja, menghadapi masalah, mengatasi gangguan kesehatan, membuka tabir sirr as sirr Allah hingga kemulian hidup dalam berumah tangga sampai akhirat nanti.

Kayu dan buah kokka adalah merupakan kayu yang paling tinggi mutunya dalam segala jenis kayu yang terdapat di muka bumi ini. Maka dengan keyakinan iman dan islam kami sebagai anak dalam negeri khususnya yang berasal dari desa Tutul  Balung Jember beriktikad baik menjadikan tasbih kokka sebagai produk andalan yang siap berkompetisi sehat dan islami untuk meningkatkan kwalitas.

Setiap mahhluk pohon dan apapun yang telah diciptakan oleh Allah swt di alam jagad raya ini kesemunya telah memiliki serta mengandung mengandung dan makna dari hakekatNya kelebihanNya serta asma asmaNya yang tersimpan didalamnya. Sungguh luar biasa bagi semua insan yang telah mampu menjalin silaturrahmi dengan segala ciptaanNya dalam alam ini.

sumber gambar kayu :
http://www.windramart.com.au
http://www.kimberly.Australia.com
http://www.outback-australia-travel-secrets.com
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar: