News :

DAFTAR ISI

Memakrifati Aneka Macam Jenis Batu Alam Fungsi dan Khasiat



By : M Imron Pribadi
sumber artikel :
http://zynergyuk.blogspot.com
http://wikipedia.com

Team MAKRIFAT BUSINESS mengambil sumber artikel ini dari berbagai sumber di internet yang menjelaskan tentang fungsi jenis dan aneka macam dari batu alam yang memiliki aura khusus daari Allah swt untuk kita makrifati bersama sama, bukan untuk kita jadikan tuhan atau sandaran iman kita. Untuk lebih jelas marilah kita baca sejenak, selamat menyimak, jika ada komentar mari kita sempurnakan artikel ini dan mohon tulis pada komentar..... salam MAKRIFAT BUSINESS... amin

Batu permata adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Batu permata harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan.

 Di dunia ini tidak semua tempat mengandung batu permata. Di Indonesia hanya beberapa tempat yang mengandung batu permata antara lain di provinsiBanten dengan Kalimayanya, di Lampung dengan batu jenis-jenis anggur yang menawan dan jenis cempaka,di Pulau Kalimantan dengan Kecubungnya (amethys) dan Intan (berlian). Batu permata mempunyai nama dari mulai huruf a sampai huruf z yang diklasifikasikan menurut kekerasannya yang dikenal dengan Skala Mohs dari 1 sampai 10. Permata yang paling diminati di dunia adalah yang berkristal yang selain jenis batu mulia seperti Berlian,Zamrud, Ruby dan Safir, batu-batu akik jenis anggur seperti Biru Langit, bungur atau kecubung yang berasal dari Tanjung Bintang, Lampung saat ini banyak di buru oleh para kolektor karena kualitas kristalnya.




== Beberapa macam batu permata ==
[[Berkas:AEW diamond solo white.gif|thumb|Sebutir berlian]]
* [[Akik]]
* [[Akuamarin ]]
* [[Ametis]]
* [[Biduri laut]]
* [[Batu biduri Bulan]]
* [[Batu Cempaka]]
* [[Berlian]]
* [[Delima]]
* [[Anggur ]]
* [[Giok]]
* [[Intan]]
* [[Kuarsa]]
* [[Mutiara]]
* [[Mata kucing]]
* [[Pirus]]
* [[Safir]]
* [[Zamrud]]
* [[Ruby]]
* [[Opal]]
* [[Spinel]]
* [[Bloodstone]]
* [[Tashmarine]]
* [[Quattro]]

 Batu permata yang belum ada nama Indonesia :
* Alexandrite/Chrysoberyl
* Chrysocolla
* Chrysoprase
* Hematite
* Jasper
* Kunszite
* Lapis Lazuli
* Malachite
* Obsidian
* Olivine/peridot
* Pyrite=pirit
* Tanzanite
* Tourmaline
* Zircon.

1. Batu Agate/Akik
Akik dapat membantu untuk hal-hal yang berhubungan dengan kepribadian secara fizikal dan emosional. Lagenda mengatakan bahawa pemakai Akik akan dilindungi dari bahaya dan membangkitkan pemakainya dengan keberanian. Akik dipercayai dapat menyembuhkan penyakit Insomnia (kesulitan untuk tidur yang parah), memberikan mimpi indah dan memberi ashbab bagi keseimbangan tubuh.

Jenis-jenis akik dengan kemampuannya :
Akik Lumut : dapat meningkatkan hubungan dengan alam sekitar. Lumut Hijau membantu menghilangkan racun dalam darah dan menyeimbangkan energi emosional. Lumut Merah membantu membersihkan darah serta menambah stamina fisik.
Akik pohon : menolong didalam melakukan introspeksi diri dengan lebih jelas, melihat dunia melalui sudut pandang yang lebih luas dan menurunkan demam serta kadar racun
Akik Garis/Pita : membantu dalam menarik kekuatan, mengatasi rasa tidak mempunyai cukup kekuatan atau keberanian
Akik Renda/Jalinan : mengatasi keputus-asaan dan depresi, menimbulkan kegembiraan serta relaksasi dari tegangan otot serta kejang. Akik renda biru membantu menyeimbangkan cairan tubuh dan memberi ketenangan emosi.
Akik menyerupai bulu burung : menguatkan pembuluh darah dan mengatasi rasa takut tanpa sebab yang jelas. Berguna untuk mengurangi rasa takut dalam berburu atau menemukan arah
Akik bintik-bintik : perlindungan ekstra terhadap pelawat/pengembara, salah satu batu para petualang
Akik Mata : melindungi dari kerusakan pada tubuh dan menghilangkan pikiran negatif
Akik Dendrite : menyeimbangkan kadar gula darah. Merupakan batu para petualang untuk memberikan keamanan dan kekuatan
Akik India : memberikan kekuatan jasmani, mengatasi perasaan tidak aman/tidak sejahtera dan menghilangkan kelemahan fisik serta emosional
Akik Botswana : mengatasi ketidakpastian dari arah dan tujuan peribadi

2. Batu Alexandrite
Alexandrite dapat menolong orang untuk memusatkan pikiran pada diri sendiri, meningkatkan rasa percaya diri dan memperbesar kemampuan untuk merasakan kebahagiaan.
Di Rusia, Alexandrite dipercaya sebagai pembawa pertanda baik.
Alexandrite juga dapat menstimulasi kekuatan sexual serta mengatasi rasa tidak cukup ada cinta didalam hidup seseorang.

3. Amethyst
Digunakan untuk meningkatkan kekuatan batin/spiritual serta kewaspadaan intuitif seseorang. Juga digunakan untuk meredakan sakit kepala.
Lagenda mengatakan, menggunakan Amethyst atau minum dari cawan yang terbuat darinya, akan mencegah terjadinya keracunan.

4. Aquamarine
Aquamarine sering digunakan untuk suatu harapan baik didalam menjalani percintaan dan berbelas kasih. Dikatakan dapat menolong meredakan depresi dan kesedihan. Selain itu juga dipercaya dapat membangkitkan kembali rasa cinta pada pasangan yang telah lama menikah dan membantu mendapatkan teman-teman baru. Menurut legenda, memakai Aquamarine sebagai anting/giwang akan membawa cinta dan pengaruh baiknya. Kegunaan lainnya yaitu membantu mata/pengelihatan, mengurangi retensi cairan tubuh serta memberi keamanan dalam perjalanan melalui lautan.

5. Bloodstone
Kegunaan utamanya adalah menstimulasi aliran energi untuk semua penyembuhan, memerangi trauma phisik, menghilangkan pembatasan-pembatasan emosi dan menstimulasi peredaran darah.
Bloodstone dipercayai dapat menghentikan perdarahan hanya dengan sentuhan belaka.
Selain fungsinya untuk pengubatan tradisional, selama ini Bloodstone digunakan juga untuk menambah wawasan pandang seseorang terhadap dunia.

6. Carnelian
Carnelian digunakan untuk menjernihkan pikiran (tidak mampu untuk melihat kenyataan). Dapat menyeimbangkan proses berpikir dan kreatifitas serta meningkatkan level/tingkat energi.
Sekitar tahun 1700 an, Carnelian dikatakan dapat memberikan kekuatan dan perlindungan, membawa keberuntungan serta kenyamanan.
Di tahun 1800 an, Carnelian dianggap mampu menolong orang yang memerlukan keberanian untuk berbicara.

7. Chrysoprase
Chrysoprase sering digunakan untuk perlindungan spiritual dan mengatasi kelelahan jiwa/emosi.
Sering disebut sebagai Batu Kemenangan (“Victory Stone”).
Pada tahun 1800 an, Chrysoprase dikatakan dapat membantu pencuri untuk menjadi hilang dari pandangan (invisible).

Khasiat lainnya yaitu memperkuat jantung dan mata, membantu konsentrasi dalam bekerja, mencegah mimpi buruk, mengusir iblis dan menghilangkan kerumitan pikiran.
Batu ini baik dipakai oleh orang yang banyak bekerja dengan menggunakan otak (pengarang, pencipta lagu).

8. Citrine (cempaka)Citrine dikatakan dapat membantu orang untuk berhubungan dengan arwah/Spirit, Membantu asimilasi dari makanan, membantu orang yang tidak cakap dalam berkomunikasi secara terbuka serta mengembangkan ketenangan mental.

9. Diamond (Berlian)
Diamond dapat meningkatkan kualitas diri dan kemampuan untuk melihat sesuatu dengan lebih jelas baik positif dan negatif, langsung dan jujur. Juga membantu mengatasi rasa ketidak amanan secara material.
Semakin baik kualiti Diamond, semakin baik daya bantunya.
Merupakan lambang dari keberanian yang tidak terkalahkan.
Orang Hindu percaya bahwa Diamond yang kurang baik mutunya atau mengandung bercak, membawa sial hingga ia bahkan dapat mencabut/menghilangkan Batara Indra dari tempatnya yang tertinggi di surga.
Di masa kini diamond dengan kualitas paling rendahpun (misalnya warnanya buruk), masih digunakan untuk keperluan industri.

10. Emerald (Zamrud)
Emerald digunakan untuk penyembuhan fizikal dan emosional iaitu mengatasi penyakit di saraf dan tidak adanya persepsi mahupun kejernihan batin.
Di Persia dan sekitarnya dikatakan bahwa “Siapa yang memiliki pesona ini akan menikmati perlindungan khusus dari Tuhan”.
Menurut legenda, Emerald berfungsi menguatkan memori dari pemiliknya, mempercepat daya pikir maupun kreativitas dan menolong untuk memprediksi masa depan.

11. Garnet
Menyeimbangkan gangguan di kelenjar Thyroid, mengatasi kurangnya toleransi terhadap orang lain, mengurangi kekerasan hati dan perasaan tidak mempunyai cukup populariti.

12. Goldstone
Goldstone dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap pelawat/pengembara.
Merupakan salah satu batu para petualang.
13. Jade
Jade dikatakan dapat membantu seseorang untuk relax dan bijaksana.
Disebut sebagai batu dengan keseimbangan yang sangat baik, menolong seseorang untuk menyelaraskan pikiran dan tindakan serta mengatasi kekurang praktisan cara berpikir.
Jade adalah intisari dari cinta, dihargai sebagai batu yang spesial.
Dipercayai bahwa beberapa rahasia kebajikan akan menyerap ke dalam tubuh.
Legenda mengatakan bahwa penjelajah Spanyol ke Amerika Tengah menggunakan jimat dari Jade untuk mencegah serta menyembuhkan sakit pinggul dan ginjal.
Kegunaan lain bagi kesehatan yaitu meningkatkan penyembuhan pada organ-organ vital.
Jade Hijau dapat meringankan gangguan pencernaan, membantu fungsi hati dan mengurangi kerusakan pada mata.
Jade Merah membantu memerangi penyakit kewanitaan, terutama pada organ kandungan

14. Jasper (Fatamorgana)
Jasper dapat mengusir jin/roh jahat dan melindungi terhadap ular maupun gigitan labah-labah. Bagi kesihatan, Jasper membantu proses penyembuhan dari lambung, menyeimbangkan kerja kelenjar endocrine.Di abad ke 4, Jasper dikenal sebagai pembawa hujan yang hebat. Jenis-jenis Jasper dan bantuan yang dapat diberikan : 
  1. Jasper kulit Leopard dikatakan dapat memberikan orang apa yang mereka butuhkan. 
  2. Poppy Jasper membantu memberi kebahagiaan didalam hidup. 
  3. Opalite Jasper dapat membantu untuk tidur nyenyak.
  4. Jasper Coklat membantu fungsi hormonal wanita dan mengatasi rasa tidak aman.
  5. Jasper Hijau membantu fungsi usus kecil, mencegah sembelit, mengurangi kejang pada usus serta memerangi luka di lambung, selain itu juga mengurangi Stress/rasa tertekan yang parah maupun meningkatkan perilaku mental secara positif. 
  6. Jasper Merah menyeimbangkan kerja lambung dan pancreas, meningkatkan energi serta memberikan perlindungan terhadap tekanan dari pihak luar


15. Lapis Lazuli
Lapis membantu seseorang untuk lebih memahami diri sendiri dan meluaskan sudut pandang. Juga membantu ketidakmampuan seseorang untuk memerima kepemimpinan orang lain.
Baik untuk menentukan pilihan antara kata hati dan nalar, memberikan kebijaksanaan dan kejujuran.
Menurut legenda, Lapis melindungi pemakainya dari kekuatan jahat.
Merupakan ubat untuk kemurungan jiwa dan demam tertentu serta menguatkan tubuh selama mengalami kesadaran spiritual.

16. Moonstone (Batu Rembulan)
Moonstone dikatakan dapat menyeimbangkan yin/yang, mengatur fungsi kelenjar Pituitary, menjernihkan dan meningkatkan panca indera.
Juga membantu orang yang kurang sensitif/tanggap terhadap diri sendiri dan orang lain (mengurangi keegoisan). Di India, moonstone dihargai sebagai batu suci/keramat.
Dipercaya akan membawa masa depan yang baik. Lagenda mengatakan bahwa Moonstone adalah hadiah yang sangat berharga untuk kekasih kerana akan membangkitkan gairah kelembutan dan biasa disebut sebagai batu yang menimbulkan cinta kasih.

17. Onyx
Onyx dan Sardonyx dapat membantu koordinasi tubuh, memberi perlindungan dari pengaruh buruk lingkungan sekitar serta dapat mengendalikan diri.
Onyx Hitam digunakan untuk merubah suatu kebiasaan buruk.
Onyx Mexico (chalcedony putih dan coklat) menolong agar tidur nyenyak.
Sard adalah pelindung terhadap mantera atau ilmu sihir.
Juga dapat menajamkan rasa humor dari pemakainya.

18. Opal
Opal digunakan untuk meningkatkan kewarasan akal yang kurang stabil, membantu seseorang memiliki kapasiti untuk berbagi rasa cinta dan meningkatkan kestabilan psikik. Orang Arab percaya bahwa opal jatuh dari surga saat banyak petir, dari situ Opal mendapat warnanya yang berapi.

Zaman dulu Opal dianggap sebagai lambang kejujuran dan percaya diri. Opal sangat kuat pengaruhnya dalam ritual sihir. Kerana Opal berkualiti mengandung semua warna dari batu kelahiran lain, dapat dipergunakan atau diisi dengan energi serta kekuatan dari kombinasi semua batu kelahiran, juga digunakan untuk menggantikan batu kelahiran lain didalam menyebut mantra, ritual atau keperluan lain dari kekuatan sihir.

Sering dihubungkan dengan alam maya dan penonjolan astral, juga digunakan untuk memanggil kembali kehidupan yang lalu (tiap warna mewakili sebuah kehidupan dari masa lalu). Opal memiliki kemampuan untuk penyembuhan, terutama meningkatkan kapasitas mental seperti imajinasi yang kreatif, kekuatan pikiran lain yang belum digunakan selama ini.

Dari segi kesihatan Opal dipercaya dapat membantu proses asimilasi protein. Fire Opal sering digunakan di dalam kegiatan pengumpulan dana bagi yang memerlukan, biasa dikenakan sebagai Mahkota dengan kalung emas yang dikelilingi 10-12 Diamond, dipercaya mempunyai kekuatan untuk mengumpulkan wang yang hebat. Opal Hitam adalah alat pilihan tukang sihir/sulap, digunakan untuk meningkatkan penerimaan terhadap sulap/sihir mereka dan juga menonjolkan kekuatan mereka.

Opal Hitam yang dikenakan dekat jantung sebagai kalung dan terbuat dari emas dikatakan dapat mengusir Syaitan, melindungi orang dari mata Syaitan, melindungi pengembara dalam perjalanan menuju tempat yang jauh. Opal juga telah digunakan sebagai ramuan ajaib untuk menyembuhkan tubuh, mengusir mimpi buruk dan sebagai alat untuk meningkatkan energi.

Opal Putih kalau digunakan pada ritual disaat malam bulan purnama, dikatakan membawa kekuatan dari Dewi Bulan bagi tercapainya harapan bagi orang yang melaksanakannya. Opal sangat dihargai pada abad pertengahan, disebut sebagai “ophthalmios” atau “Batu Mata,” oleh kerana kepercayaan yang luas bahwa Opal bermanfaat bagi indra pengelihatan dan menyembuhkan penyakit mata. Wanita berambut perang memakai kalung Opal untuk melindungi dari hilangnya warna rambut mereka. Opal Hitam dihargai sebagai batu yang sangat membawa keberuntungan.

19. Pearl (Mutiara)
Mutiara menolong seseorang untuk lebih mengenal diri sendiri dan meningkatkan penghargaan terhadap dirinya. Mutiara membuat pemakainya dapat merasakan cinta dari orang yang memberi mutiara tersebut serta meningkatkan kewanitaan Kegunaan lain iaitu membantu terbentuknya antibodi dan melawan infeksi serta membantu ketidakmampuan seseorang dalam mendidik orang lain.

20. Peridot (Zabarjad)
Peridot digunakan untuk membantu agar impian seseorang dapat jadi kenyataan.
Lagenda menyatakan bahwa bajak laut menyayangi Peridot karena melindungi dari kuasa kegelapan/syaitan.
Jika Peridot diikat dengan emas (menjadi perhiasan emas), akan melindungi pemakainya dari niat tidak baik manusia di malam hari.
Untuk kesihatan, Peridot membantu fungsi dari mengalami ketegangan emosional/stress.
21. Quartz
Quartz digunakan untuk keseimbangan, meningkatkan energi, mengatasi fikiran negatif, menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk dan berbagai penyembuhan.Quartz juga mengatasi perasaan tidak diinginkan atau penolakan yang diterima seseorang.

Quartz bening tanpa warna yang dibentuk sebagai bola kristal, telah digunakan oleh peramal sejak abad pertengahan untuk melihat dan memperkirakan masa depan.


Jenis-jenis Quartz dan bantuan yang dapat anda terima adalah :
Druzy Quartz : Membantu seseorang yang tidak memiliki kecakapan untuk memahami persoalan (tidak mempunyai pengertian yang mendalam)
Rutilated Quartz : Mengurangi cara berpikir yang negatifnya saja.
Smokey Quartz/Kwarsa Coklat : Memberi kestabilan emosional
White Quartz/Kwarsa Putih : Meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri.
22. Rose Quartz
Rose Quartz digunakan untuk keseimbangan emosi bagi seseorang, untuk hati yang terbuka dan untuk meminta maaf/pengampunan.
Rose Quartz juga dipercaya dapat mempertahankan keremajaan kulit serta mengatasi rasa rendah diri yang parah
23. Ruby (Delima)
Ruby dikatakan akan membuka hati seseorang terhadap rasa cinta, mengatasi rasa takut menjadi jelek dan tidak dicintai serta menghilangkan kekurang beruntungan.
Ruby juga dipakai untuk perlindungan terhadap perilaku sensitif dan menghindari perilaku menyimpang (mencegah terjadinya schizophrenia).
Menurut legenda zaman dahulu, Ruby mampu untuk merujukkan/mendamaikan sepasang kekasih.
24. Sapphire (Nilam)
Sapphire dapat menjernihkan fikiran, meningkatkan kedamaian, kebahagiaan serta meningkatkan motivasi dan orientasi tujuan hidup.
Raja-raja dahulu kala mengenakan Sapphire di leher mereka sebagai pertahanan yang kuat terhadap bahaya (kononnya tolak bala).
Batu ini akan melindungi pemakainya dari rasa syirik dan membuat mereka merasa dekat ke Tuhan.
Batu dipercaya dapat membantu seseorang yang merasa tidak memiliki kesempatan untuk tujuan/akhir yang lebih baik.
Untuk kesihatan Sapphire dapat meningkatkan kadar potassium, magnesium, calcium danmelepaskan depresi mental.
26. Topaz
Topaz digunakan untuk menambah kekuatan, mencegah terjadinya penyakit ginjal dan kandung kemih.

Zaman dahulu, ukiran burung helang di batu Topaz digunakan untuk menyatakan niat baik dari seorang raja, ratu dan hartawan.
Orang Yunani mempercayai Topaz memberikan kekuatan.
Topaz juga membantu mengatasi rasa marah (menenangkan emosi) dan melindungi terhadap tekanan pihak luar.

27. Tourmaline
Tourmaline digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit jaringan lymphatic dan anemia.
Juga digunakan untuk meningkatkan kesuksesan dan keberhasilan.
Tourmaline Pink untuk perlindungan dan meningkatkan keseimbangan pada wanita, sedang Tourmaline Hijau meningkatkan keseimbangan pada lelaki.
Menurut lagenda, pemakainya akan diperingatkan dari adanya bahaya dan kekurang beruntungan.
28. Turquoise (Firuz)
Turquoise membantu orang dalam memulai usaha baru.
Dapat memperingatkan pemakainya dari bahaya/penyakit yang akan menyerang dengan perubahan warnanya.
Di abad ke 13 Turquoise dikatakan melindungi pemakainya dari jatuh, terutama dari kuda.
Juga digunakan bagi relaksasi tubuh, mengatasi rasa was-was/bingung, kekacauan mental, menenangkan emosi.
Orang Indian percaya bahwa jika turquoise direkatkan di busur, anak panah yang ditembakkan pasti akan mengenai sasarannya.
Juga dipercayai akan membawa kebahagiaan dan keberuntungan.


29. Zircon
Seperti Crystal, Zircon digunakan untuk berbagai penyembuhan.
Zircon membantu seseorang untuk berdamai dengan dirinya sendiri dan mengatasi perasaan negatif atau rasa frustasi serta meningkatkan perilaku positif.
Juga membuat pemakainya lebih bijaksana, terhormat dan kaya.
Hilangnya cahaya/kilau dari sebuah Zircon dikatakan memperingatkan akan adanya bahaya bagi pemiliknya.
Nota:
Harap maaf jika kurang faham dan keliru dengan gaya bahasa terjemahan bahasa Indonesia dan Bahasa Inggeris.
Keterangan adalah melalui rujukan dan terjemahan dari sumber asal yang tidak diketahui kesahihannya dan agak terpesong dari landasan agama.
Sesetengah ayat dari bahasa Inggeris, terlalu dalam dan agak rumit untuk diterjemahkan seringkas mungkin.
Segala kerangan, hanya sekadar cerita lisan dan unsur2 dongeng semata-mata. Kita wajib berserah kepada yang HAK, Allah yang Maha Berkuasa ke atas tiap2 suatu ciptaannya.

Pandangan Masyarakat dari India Kuno Mengenai Khosiat Batu Permata

Dalam bidang astrologi terutamanya yang berkaitan dengan kepercayaan timor bangsa India 9 planet dikaitkan dengan 9 jenis batu permata

1.Matahari di kaitkan dengan Delima(Ruby)

2.Bulan dikaitkan dengan Mutiara

3.Marikh dikaitkan dengan Red Coral

4.Mercury dikaitkan dengan Emerald

5.Jupiter dikaitkan dengan Sapphire Kuning

6.Venus dikaitkan dengan Berlian

7.Saturn dikaitkan dengan Blue Sapphire

8.Rahu dikaitkan dengan Gomedha(Garnet)

9.Ketu dikaitkan dengan Cat Eye

NB: Dalam astrology Hindu Rahu dan Ketu dikenali sebagai 2 planet yang ghaib dan Rahu dan Ketu adalah titik astronomi dilangityang dikenali sebagai north and south lunar nodes.

Dalam bidang batu permata walaupun ada diantaranya bukanlah jenis batu permata yang berharga namun kerana ianya ada kaitan dengan planet maka ianya kira sebagai sesuatu yang wajar kerana sifat pemulihannya.Apabila sinar cahaya diapplikasikan(dipancarkan) terhadap 9 jenis batu permata tersebut ianya merekodkan jarak atau ukuran gelombang

1.Delima (70,000)

2.Mutiara(70,000)

3.Coral(65,000)

4.Emerald(75,000)

5.Yellow Sapphire(50,000)

6.Berlian(60,000)

7.Blue Sapphire(79,000)

8.Gomedha(Garnet)(70,000)

9.Cat Eye(70,000)

Ianya mungkin nyata dan jelas bahwa batu permata yang dinyatakan adalah umpama gudang yang menyimpan tenaga kosmos dan disebabkan oleh inilah tenaga positif yang kuat dipergunakan untuk tujuan yang bermanfaat. Sebagaimana obat yang berkemampuan untuk memulihkan penyakit dengan daya tindak balasnya maka batu permata ini juga bertindak menentang dan mengurangkan daya atau rasa sakit yang disebabkan oleh kesan dari planet.Untuk memahami tenaga yang dilepaskan oleh batu permata itu perlu kita mengetahui dan membandingkan sinaran yang terdapat pada planet yang dinyatakan.

Apabila cara ini diapplikasikan pada gerak atau sensasi yang bergetar pada planet tersebut kita mendapati keputusan begini

1.Matahari(65,000)

2.Bulan(65,000)

3.Marikh(85,000)

4.Mercury(65,000)

5.Jupiter(1,30,000)

6.Venus(1,30,000)

7.Saturn(65,000)

8.Rahu(35,000)

9.Ketu(35,000)

Kesemua gerak sensasi planet ini adalah negatif .Gelombang negatif ini perlulah di stabilkan dengan gerak sensasi positif batu permta atau umban.

Penderitaan dari penyakit yang sering menyerang kita boleh di kategorikan dengan 4 kumpulan

1.Rohani

2.Mental.

3.Fizikal

4.Sifat kedunian/material.

Apabila radiasi gelombang di applikasikan kepada batu permata satu kesan yang agak menakjubkan batu permata bertindak sebagai satu gudang penyimpan tenaga yang berfungsi atau bertindak membantu dalam bentuk sensasi getaran terhadap gejala penyakit.Perlu diketahui bahawa gelombang atau pancaran yang di keluarkan oleh planet bersifat negatif dimana pancaran gelombang batu permata pula adalah bersifat positif dan apabila positif dan negatif bertemu keduanya distabilkan .

Batu permata ini dikatakan setidaknya dapat membantu memulihkan beberapa jenis penyakit yang terdapat pada diri manusia dengan tindak balasnya yang tersendiri.Energy atau tenaga adalah elemen dalam bentuk gelombang dan pancaran.Pancaran ini mengandungi kesemua elemen atau kimia dalam bentuk zarah yang halus.Batu permata menyerap beberapa pancaran gelombang yang tertentu dan meyalurkannya kedalam tubuh dimana ianya segera berubah dalam bentuk elemen dan kimia iaitu hal yang merupakan akibat atau kesan dari penyerapan dan tindak balas tersebut dimana tubuh badan akan mula berfungsi dengan betul secara fizikal dan mental.

Nota: apa yang dinyatakan disini adalah beberapa teori penyelidikan dan kajian yang dilakukan oleh beberapa orang dan sedikit sebanyak mungkin melibatkan kajian sains yang telah dirujukkan dan dikaji.Hasil dari kajian dan kepercayaan inilah maka sekarang terdapat banyak pusat perubatan alternative yang mengunakan batu permata/kristal sebagai salah satu dari bahan rawatan mereka


30. KHASIAT MARJAN ATAU CORAL

Rare Coral - adalah Blue Coral

1.Penolak sihir dan guna guna.

2.Pendinding anak anak dari macam macam penyakit.

3.Pengalak pertumbuhan gigi untuk anak anak.

4. Semangat riang...happy go lucky.

Khasiat Batu Akik (Agate)

1. Penyejuk Hati

2. Kerezekian

3. Menstabilkan aura seseorang.menstabilkan emosi dan mengurangkan stress

4. Akek Sulaiman adalah akik paling baik dalam ketogari.Diantara khasiat nya ialah Pengaseh,pendinding,pengerun dan perubatan penyakit dalam

Batu Sulaiman terbaik ialah bewarna Unggu,bening Terang dan ada garis garis putih dan ada segi tiga bintang....di panggil BATU SULAIMAN WULUNG SEMBAHYANG...Dan ini lah yang paling banyak Khasiat nya ialah:

1.Penenteram jiwa dan sanubari.

2.Menjauh kan Angan angan jahat

3.Kecurangan Hati

4.Menuntun ke arah kesolehan..kebaikan

5.Pengaseh

6.Menuntun ke arah kebaikan hati yang jujur,adil dan tekun ibadah kepada ALLAH SWT

7.Mencerdas kan otak dan penerang hati

8.Menerang kan mata,penolak bahaya manusia dan binatang liar juga Ular berbisa.

9.Menjauhkan dari penyakit menular

10.Air rendaman Batu ini bolih menggubat penyakit dan membunoh kuman.

11.Penolak sihir dan syaitan.

 31. BATU BAIDURI BULAN - MOONSTONE

1.Memberi kegembiraan

2.Pengaseh

3.Membuat perasaan Peka

4.Menolak penyakit Menular

5.Pendinding

6.Membawa ketenagan dalam pasangan/ di pandang manis.

BATU INI TIDAK SESUAI UNTUK LELAKI KERANA DI BIMBANGI,SIFAT LELAKI AKAN "LEMBEK".JADI BATU INI AMAT SESUAI UNTUK WANITA.


32. Khasiat Fosil Siput

Fosil Siput dan berbeza dengan Buntat Siput.Batu Fosil Siput berkhasiat menaik kan kekuatan emosi kita.Batu ini sesuai untuk orang yang lemah semangat dan tidak sesuai untuk orang yang semangat nya kuat.Berbeza dengan Buntat Siput,Buntat Siput banyak khasiat nya seperti kekebalan,pengasih dan pendinding.


Khasiat Batu Serai (Zircon)

Batu Serai hanyalah untuk cantik sahaja-Batu Serai TIADA NILAI PERUBATAN.

Ada juga berpendapat ia banyak pada bersifat pengasihan dan pelaris...wallahu

Cara nak tahu dia Zircon – biasan cahaya melalui batu ini akan membentuk warna pelangi (rainbow).


Khasiat Batu Nilam (Sapphire)

Khasiat nya ialah :

1.Pembawa bahgia kepada percintaan dan Perniagaan(pelaris dan pengaseh).

2.Mengubati penyakit dalam..khusus nya Penyakit jiwa tanpa jin.

3.Membuat kan diri si pemakai,jiwa yang tenang.

4.Melindungi diri dari unsur negetif/syaitan/kejahatan

5.Menolak racun,Penyakit cacar,penyakit mata menular dan penyakit kulit...angkara jin.

6.Jika yang ASLI dan kena bukaan Aura nya,si pemakai dapat melihat Alam Ghaib

7.Cahaya batu ini akan hilang jika Si Pemakai membuat maksiat...khusus nya minum arak dan berzina.

KHASIAT RUBY/DELIMA MERAH/Garnet

1.Pengasihan

2.Menyembuh kan penyakit Lemah Tenaga Batin..lelaki atau [perempuan

3.Menaikan semangat dalam penampilan diri/bergaya

4.Pelindung dari racun dan santau,serta sihir...batu akan berubah warna.

5.Mengekal kan persahabatan

6.Menghidari penyakit dari hujan lebat dan ribut kuat.

7.Sentiasa dalam kekayaan.

8.Menghilang kemurungan

9.Menghilang penyakit radang

10.Penawar penyakit mata

11.Masaalah tidor dan mimpi burok

12.Apabila Pemakai nya dalam bahaya...dia akan bertukar warna dan bila tiada bahaya,warna nya kembali pada asal.

Khasiat batu Amethyst (Kechubung)

1.Mereda kan kemarahan

2.Penawar racun....di zaman Rom,di buat cawan,supaya arak tidak mabuk.

3.Penyebar perkerti mulia

4.Pengasih

5.Pemberi ketenangan dalam kesusahan

6.Pemberi semangat.

(Petikan dari Internet dan sumber petua) Insan dan Sumber atas keizinan Sahabat - AlamTunggal

KHASIAT BATU PERMATA DALAM PERUBATAN
1.Kurang Darah........ Marjan
2.Asma/Lelah ..... Ambar,Cat Eye,Malactine
3.Masaalah Limpa..... Jade,Jasper dan Bloodstone
4.Pendarahan..... Hamamatite,Rock Crystal,Nilam
5.Masaalah Darah ..... Kecubong
6.Broncitis..... Pyrite,Kecubong Jarum mas
7.Kanser..... Smokey Quarts
9.Tekanan/Stress..... Garnet,Lapis,Lazuli,Smokey Quarts
10.Sakit Kepala...... Lapis,Lazuli
11.Sukar Tidor/Isomania...... Kecubong
12.Malaria..... Amber
13.Resdung ..... Pyrite
14.Kekejangan ..... Haematite
15.Ulser ..... Onyx
16.Luka ..... Carnalian
17.Sengatan Bisa Ular/serangga..... Batu Besi Leleh
18.Masaalah Kulit ..... Obsidian,Kecubung Hitam
19.Masaalah Usus ..... Yellow Jasper,Beryl
20.Hilang Deria Rasa ..... Topaz
21.Paru Paru ..... Pyrite
22.Masaalah Telinga ..... Akik,Ornyx
23.Jangkitan Penyakit/kuman ..... Amber,kecubong,Zamrud,Opal
24.Batuk..... Marjan
25.Tyroid...... Aquamarine,Marjan
26.Osteroporosis...... Amazonite,Marjan
27.Masaalah Saraf..... Calcedony
28.Sembelit...... Moon Stone
29.Hilang Ingatan ..... Jasper.

Khosiat Pokok Kelo / Gamunggal
Teras kelo memang ada keistimewaannya yang tersendiri itu tidak dapat dinafikan tetapi tak ada pula ada penunggu,khadam dan semangat.Teras kelo ianya bersifat alami dimana Allah swt menjadikan begitu yang mempunyai khasiat yang tertentu,jangankan terasnya pokoknya pun banyak khasiatnya dan diantara khasiatnya adalah seperti berikut

Khasiat dan Kegunaan

1. Menawarkan racun dalam makanan: sebelum makan atau minum, lalukan terasnya ke atas makanan atau minuman

2. Menjauhkan dari terkena hikmat sihir: terasnya dipakai menjadi permata cincin yang bersentuh dengan kulit

3. Menjauhkan rumah dari gangguan hantu yang membawa penyakit, dan sihir: dengan menanamkan pokok ini di empat penjuru rumah

4. Menakutkan ular-ular dan binatang-binatang bisa: dengan memakai terasnya sebagai cincin

5. Mengeluarkan raksa daripada tubuh: bila memakai terasnya

6. Sakit mata:daunnya 3 ranting kecil dilumat diadunkan dengan 1 gelas air dan heningkan; ditapis dan dititikkan ke dalam mata

7. Rabun ayam: daunnya 3 ranting kecil dilumat, dituangkan 1 mangkuk air masak dan ditapis; kemudian diadunkan dengan madu 3 sudu, diminum sebelum tidor

8. Sakit kuning: daunnya 7 ranting kecil dilumat dan dimasukkan 1 gelas air kelapa; ditapis dan diandunkan dengan 7 sudu madu, diminum 3 kali sehari

9. Sengal tulang: daunnya 3 ranting kecil dilumatkan bersama ½ sudu kapur makan, dibuat gosok

10. Alergi (alahan): daunnya 3 ranting kecil, bawang Merah 1 hulas, biji adas dan akar mempelas direbus dengan 2 gelas air sehingga tinggal lagi separuh dan ditapis, diminum 2 kali sehari 1 mangkuk kecil

11. Memusnah cacing: daunnya 3 ranting kecil, daun lada 1 ranting kecil dan 3 batang Dukung Anak direbus dengan 2 gelas sehingga tinggal lagi separuh dan ditapis, diminum sebelum tidur

12. Luka bernanah: daunnya 7 ranting kecil dilumatkan ditempel

13. Sukar membuang air kecil: daunnya 3 ranting kecil dilumat dan diperah dicampur dengan perahan air mentimun atau lobak Merah, sama banyak antara ketiga; diadun dan dicampur 1 gelas air dan ditapis; diminum 3 kali sehari

14. Menjauhkan dari kecurian: bila meletakkan terasnya dalam rumah atau dalam kenderaan, insya-Allah

15. Sengal tulang: daun mudanya diremuk dicampur kapur makan, digosokkan

16. Bengkak:

17. Mengurangi rasa sakit: Untuk keduanya- daun mudanya diremuk dan ditempelkan di tempat sakit. Juga kulitnya diremuk dan dicampur sedikit kapur makan, ditempelkan

18. Pitam, pengsan (Epilepsi): akarnya diasah dibuat basuh kepala

19. Busung (Odeem):akarnya dan kulit serta akar betik dilumat dicomor

20. Beri-beri:akarnya direbus dan diminum

21. Kencing Bernanah (Gonorrhoea): akar dan daunnya direbus dan diminum setiap 3jam sekali

22. Kurap: daunnya digosokkan dengan kapur

Disamping khasiat diatas terdapat khasiat lainnya.

1. Lekat uri (sak: tembuni): Terasnya direndam kira-kira 2 minit, maka diminum

2. Budak menangis-nangis: Terasnya diasah dan diberi minum

3. Memudah lepas susu anak: Terasnya diasah dengan sedikit garam, dibubuh pada tetek ibu

4. Bisul: Terasnya diasah, dicomor pada mata bisul

5. Ditakuti hantu: Terasnya dijadikan cincin dipakai pada jari manis

6. Kena santau, racun dan bisa dalam tubuh: Terasnya direndam dalam air kelapa kira-kira 3 minit, diminum

7. Digigit ular,lipan: Terasnya diasah dan dicomor pada tempat yang kena gigit
BATU PERMATA MENURUT ZODIAK

Capricorn.
Batu pirus : memberi keuntungan dan kekayaan, serta perlindungan dalam perjalanan.

Aquarius
Batu carnet : memberi kemauan kuat, kekuatan, dan sukses.

Pisces
Batu kecubung : memberi ketenangan yang baik untuk mengambil hati.

Aries
Batu darah : memberi keberanian dan menguatkan pengharapan.

Taurus
Batu berlian : memberi perdamaian, kesusilaan, kemuliaan, keberanian, kekuatan, cinta, dan berkedudukan lebih tinggi daripada orang lain.

Gemini
Batu zamrud : memberi kebijaksanaan, kerajinan, kebahagiaan, menjauh dosa, dan mengalahkan percobaan.

Cancer
Batu agate : memberi kesehatan, panjang umur, dan keuntungan.

Leo
MIrah delima : memberi kemuliaan, kekuatan, percintaan, dan keagungan.

Virgo
Mata kucing : memberi keuntungan dan pengharapan dalam perdagangan, serta memberitahukan bahaya.

Libra
Batu safir : memberi tetap muda, ketulusan, kemakmuran, dan menghilangkan kesedihan.

Scorpio
Batu opal : membawa pengharapan dan melindungi keadaan tak bernoda.

Sagitarius
Batu topaz : membawa kebijaksanaan dan kesetiaan.

BATU PERMATA YANG COCOK MENURUT HARI LAHIR

Senin
Batu biduri bulan, amarine, biduri pandan, dan batu berkristal kuning. Batu utamanya : amethyst kristal, mutiara, dan safir.

Selasa
Batu amesthyst, beryl, intan, dan topaz. Batu utamanya : mirah atau sejenis batu berwarna merah.

Rabu
Batu agate (akik) dan safir. Batu utamanya : smagagd, safir, zamrud, jade (giok), ruby (mirah).

Kamis
Bau intan, amesthyst (kecubung kasihan), peros dan kalimaya. Batu utamanya : batu mirah dan safir berbintang enam.

Jumat
Batu kristal berwarna hijau, jade (giok), berwarna hijau tua. Batu utamanya : safir berbintang intan, dan zamrud.

Sabtu
Batu peros amesthyst dan kristal akik. Batu utamanya : safir, topaz, dan mirah.

Minggu
Batu topaz, mirah, dan intan. Batu utamanya : intan, safir putih, dan topaz kuning.

BATU PERMATA BERDASARKAN BULAN KELAHIRAN

Bulan Januari – dihubungkan dengan batu garnet, yang melambangkan hati yang terbuka, loyal dan penuh kasih sayang.
Bulan Februari – dinaungi oleh batu Amethyst, batu yang melambangkan aristokrasi dan kekuasaan.
Bulan Maret – dilambangkan oleh Aquamarine atau Bloodstone, batunya Dewa Laut Neptune, yang melindungi pelaut dari berbagai rintangan selama mengarungi samudra.
Bulan April – dihubungkan dengan berlian, lambang kekuatan cinta, juga kekuasaan, keserakahan, intrik, dan magic.
Bulan Mei – adalah batu zamrud (emerald), batu persembahan untuk Dewi Venus yang melambangkan kesuburan.
Bulan Juni – identik dengan mutiara, moonstone atau alexandrite. Mutiara merupakan lambang kekayaan, kekuasaan dan umur panjang. Sedangkan moonstone dan alexandrite dipercaya membawa keberuntungan. Bulan Juli adalah ruby, pembawa cahaya dalam kegelapan.
Bulan Agustus – adalah peridot dan sardonyx. Peridot merupakan lambang matahari, sedangkan sardonyx dipercaya membawa keberuntungan, melindungi pemakainya dari godaan setan dan membuatnya pandai bicara.
Bulan September – dihubungkan dengan batu safir, lambang kejujuran dan kebersihan jiwa. Konon batu ini warnanya akan berubah jadi gelap jika pemakainya berselingkuh atau punya jiwa dan niat jahat.
Bulan Oktober – adalah opal atau tourmaline. Opal lambang harapan dan cinta, sedangkan tourmaline lambang kedamaian yang dipercaya bisa mengusir rasa takut pada pemakainya.
Bulan November – adalah cocok dengan topaz, lambang kebijaksanaan dan kesabaran.
Bulan Desember – adalah turquoise atau zircon. Turquoise merupakan lambang kesuksesan dan nasib baik, sedangkan zircon melambangkan keselamatan dan kesehatan.

Batu Mulia dalam pelukan Bulan Kelahiran/Zodiac
Batu Mulia, atau Batu Akik sudah banyak dikenal masyarakat luas, khususnya di Indonesia. Terkadang masyarakat masih mengkait-kaitkan antara Batu Mulia – Akik dengan Bulan kelahiran, weton, dan sebagainya sebagai dampak bergulirnya perkembangan budaya masa dahulu di Indoensia. Batu Mulia – Akik juga tidak hanya dipandang dari sisi keunikanya, segi warna, tekstur, maupun tingkat kekerasannya yang menyebabkan nilainya sangat tinggi dan mahal juga pola warna-warna alam yang terkandung di dalamnya sangat unik menjadikan batu mulia sebagai komoditas yang bisa diolah sehingga bernilai jual tinggi, tapi lebih penting juga kecocokan karakter seseorang berdasarkan bulan kelahiran, dan sifat batu-batu itu sendiri sehingga sebagian masyarakat mempercayai bahwa keberadaan batu yang dipakai akan memberikan pengaruh pada pemakainya.
Batu Mulia dalam pelukan Bulan Kelahiran 

Menurut Info, batu mulia digolongkan dalam beberapa kelas. Terdiri dari batu permata (precious stone), batu setengah permata (semi precious stone), dan batu hias (ornament stone). Batu mulia yang masuk klasifikasi batu permata meliputi, intan, mirah delima (ruby), safir (sapphire), zamrud (emerald), garnet, opal (kalimaya), kecubung, giok (jade), topas, dan turmalin. Sementara batu setengah permata di antaranya, alsedon, agat (akik), rijang (chert), zircon, jasper, batusatam (textile), krisopras, malakit, azurite, florit, batu darah (hematite), krisokola, andalusit, kiastolit, phrenit, dan obsidian. Sedangkan yang termasuk klasifikasi batu hias, di antaranya onik, serpentinit, kalsit, aktinolit, peridotit, pegmatite, kurarsit, kuiseki, dan fossil kayu (silicified wood). 


Sebagai bagian dari gaya hidup, saat ini batu mulia di kalangan pengoleksi pemula dihubungkan dengan bulan kelahiran, semacam zodiak. Dari sekian informasi yang dikumpulkan, dapat dirinci kecocokan batu dengan Zodiac sebagai berikut :

Untuk Batu Permata menurut Zodiac/Tanda Bintang ini merupakan pilihan lain, dalam hubungannya dengan Batu Kelahiran, Batu Planet serta Batu Keberuntungan.

Capricorn
(22 Des-19 Jan)

Batu Kelahiran
Ruby / Mirah, Garnet, Agate / Akik
Batu Planet
Lapis Lazuli
Batu Keberuntungan
Lapis Lazuli, Ruby / Mirah

Aquarius
(20Jan-18 Feb)

Batu Kelahiran
Garnet, Moss Agate / Akik Lumut, Opal / Kalimaya, Amethyst / Kecubung
Batu Planet
Turquoise / Pyrus
Batu Keberuntungan
Garnet, Hyacinth,Amethyst / Kecubung

Pisces
(19 Feb-20 Mar)

Batu Kelahiran
Amethyst / Kecubung, Rock Crystal, Sapphire, Bloodstone , Aquamarine
Batu Planet
Aquamarine
Batu Keberuntungan
Amethyst / Kecubung


Aries
(21 Mar-19 Apr)

Batu Kelahiran
Bloodstone, Diamond / Intan ,Intan, Jasper / Hati Ayam
Batu Planet
Jasper / Hati Ayam
Batu Keberuntungan
Diamond / Intan, Jasper / Hati Ayam, Bloodstone


Taurus
(20 Apr-20 Mei)

Batu Kelahiran
Sapphire, Amber, Turquoise / Pyrus, Blood Coral, Emerald / Zamrut
Batu Planet
Emerald / Zamrut, Aventurine
Batu Keberuntungan
Sapphire, Diamond / Intan

Gemini
(21 Mei-20 Jun)

Batu Kelahiran
Agate / Akik, Pearl / Mutiara, Chrysoprase,Tiger Eye / Mata Macan
Batu Planet
Tiger Eye / Mata Macan
Batu Keberuntungan
Agate / Akik, Emerald / Zamrut

Cancer
(21Jun-22Jul)

Batu Kelahiran
Emerald / Zamrut, Pearl / Mutiara, Ruby / Mirah, Moonstone
Batu Planet
Moonstone
Batu Keberuntungan

Leo
(23Jul-22Agst)

Batu Kelahiran
Tourmaline, Sardonyx, Onyx Rock Crystal
Batu Planet
Rock Crystal
Batu Keberuntungan
Peridot, Onyx, Amber

Virgo
(23Agst-22Sep)

Batu Kelahiran
Pink Jasper / Hati Ayam Pink, Jade / Giok, Carnelian, Sapphire
Batu Planet
Citrine / Kwarsa kuning
Batu Keberuntungan
Carnelian, Sardonyx

Libra
(23Sep-22Okt)

Batu Kelahiran
Opal / Kalimaya, Lapis Lazuli, Peridot
Batu Planet
Sapphire
Batu Keberuntungan
Opal / Kalimaya, Chrysolite, Sardonyx

Scorpio
(23Okt-21Nov)

Batu Kelahiran
Aquamarine, Topaz
Batu Planet
Garnet, Ruby / Mirah
Batu Keberuntungan
Garnet, Ruby / Mirah Aquamarine, Beryl

Sagittarius
(22Nov-21Des)

Batu Kelahiran
Sapphire, Topaz, Amethyst / Kecubung, Turquoise / Pyrus
Batu Planet
Topaz
Batu Keberuntungan
Topaz, Pearl / Mutiara

Terlepas dari apapun bulan kelahiran dan batu keberuntungan yang cocok, tetap dan janganlah lupa bahwa semua ini bukan sebagai tempat bersandar. Segala kekuatan hanya dari Allah Ta’alaa, dan kepadaNyalah kita kembal

Khasiat Batu Permata
Agate ( Batu Akik )
Akik dapat membantu untuk hal-hal yang berhubungan dengan kepribadian secara fisik dan emosional. Legenda mengatakan bahwa pemakai Akik akan dilindungi dari bahaya dan memberkahi pemakainya dengan keberanian. Akik dipercayai dapat menyembuhkan penyakit Insomnia (kesulitan untuk tidur yang parah), memberikan mimpi indah dan memberi kontribusi bagi keseimbangan tubuh. Jenis-jenis akik dengan kemampuannya :
Akik Lumut : dapat meningkatkan hubungan dengan alam sekitar. Lumut Hijau membantu menghilangkan racun dalam darah dan menyeimbangkan energi emosional. Lumut Merah membantu membersihkan darah serta menambah stamina fisik.
Akik pohon : menolong didalam melakukan introspeksi diri dengan lebih jelas, melihat dunia melalui sudut pandang yang lebih luas dan menurunkan demam serta kadar racun
Akik Garis/Pita : membantu dalam menarik kekuatan, mengatasi rasa tidak mempunyai cukup kekuatan atau keberanian
Akik Renda/Jalinan : mengatasi keputus-asaan dan depresi, menimbulkan kegembiraan serta relaksasi dari tegangan otot serta kejang. Akik renda biru membantu menyeimbangkan cairan tubuh dan memberi ketenangan emosi.
Akik menyerupai bulu burung : menguatkan pembuluh darah dan mengatasi rasa takut tanpa sebab yang jelas. Berguna untuk mengurangi rasa takut dalam berburu atau menemukan arah
Akik bintik-bintik : perlindungan ekstra terhadap pelawat/pengembara, salah satu batu para petualang
Akik Mata : melindungi dari kerusakan pada tubuh dan menghilangkan pikiran negatif
Akik Dendrite : menyeimbangkan kadar gula darah. Merupakan batu para petualang untuk memberikan keamanan dan kekuatan
Akik India : memberikan kekuatan jasmani, mengatasi perasaan tidak aman/tidak sejahtera dan menghilangkan kelemahan fisik serta emosional
Akik Botswana : mengatasi ketidakpastian dari arah dan tujuan pribadi

Alexandrite
Alexandrite dapat menolong orang untuk memusatkan pikiran pada diri sendiri, meningkatkan rasa percaya diri dan memperbesar kemampuan untuk merasakan kebahagiaan. Di Rusia, Alexandrite dipercaya sebagai pembawa pertanda baik. Alexandrite juga dapat menstimulasi kekuatan sexual serta mengatasi rasa tidak cukup ada cinta didalam hidup seseorang.

Amethyst
Digunakan untuk meningkatkan kekuatan bathin/spiritual serta kewaspadaan intuitif seseorang. Juga digunakan untuk meredakan sakit kepala. Legenda mengatakan, menggunakan Amethyst atau minum dari cawan yang terbuat darinya, akan mencegah terjadinya keracunan.

Aquamarine
Aquamarine sering digunakan untuk suatu harapan baik didalam menjalani percintaan dan berbelas kasih. Dikatakan dapat menolong meredakan depresi dan kesedihan. Selain itu juga dipercaya dapat membangkitkan kembali rasa cinta pada pasangan yang telah lama menikah dan membantu mendapatkan teman-teman baru. Menurut legenda, memakai Aquamarine sebagai anting/giwang akan membawa cinta dan pengaruh baiknya. Kegunaan lainnya yaitu membantu mata/pengelihatan, mengurangi retensi cairan tubuh serta memberi keamanan dalam perjalanan melalui lautan.

Bloodstone
Kegunaan utamanya adalah menstimulasi aliran energi untuk semua penyembuhan, memerangi trauma phisik, menghilangkan pembatasan-pembatasan emosi dan menstimulasi peredaran darah. Bloodstone dipercayai dapat menghentikan perdarahan hanya dengan sentuhan belaka. Selain fungsinya untuk pengobatan tradisional, selama ini Bloodstone digunakan juga untuk menambah wawasan pandang seseorang terhadap dunia. Di abad pertengahan, Bloodstone dipercayai mempunyai kekuatan khusus karena bercak/spot merah di batu ini dianggap sebagai darah dari Yesus Kristus (Jesus Christ).

Carnelian
Carnelian digunakan untuk menjernihkan pikiran (tidak mampu untuk melihat kenyataan). Dapat menyeimbangkan proses berpikir dan kreatifitas serta meningkatkan level/tingkat energi. Sekitar tahun 1700 an, Carnelian dikatakan dapat memberikan kekuatan dan perlindungan, membawa keberuntungan serta kenyamanan. Di tahun 1800 an, Carnelian dianggap mampu menolong orang yang memerlukan keberanian untuk berbicara.

Chrysoprase
Chrysoprase sering digunakan untuk perlindungan spiritual dan mengatasi kelelahan jiwa/emosi. Sering disebut sebagai Batu Kemenangan (“Victory Stone”). Pada tahun 1800 an, Chrysoprase dikatakan dapat membantu pencuri untuk menjadi hilang dari pandangan (invisible). Khasiat lainnya yaitu memperkuat jantung dan mata, membantu konsentrasi dalam bekerja, mencegah mimpi buruk, mengusir iblis dan menghilangkan keruwetan pikiran. Batu ini baik dipakai oleh orang yang banyak bekerja dengan menggunakan otak (pengarang, pencipta lagu).

Citrine
Citrine dikatakan dapat membantu orang untuk berhubungan dengan arwah/Spirit, Membantu asimilasi dari makanan, membantu orang yang tidak cakap dalam berkomunikasi secara terbuka serta mengembangkan ketenangan mental.

Diamond

Diamond dapat meningkatkan kualitas diri dan kemampuan untuk melihat sesuatu dengan lebih jelas baik positif dan negatif, langsung dan jujur. Juga membantu mengatasi rasa ketidak amanan secara material. Semakin baik kwalitas Diamond, semakin baik daya bantunya. Merupakan lambang dari keberanian yang tidak terkalahkan. Orang Hindu percaya bahwa Diamond yang kurang baik mutunya atau mengandung bercak, membawa sial hingga ia bahkan dapat mencabut/menghilangkan Batara Indra dari tempatnya yang tertinggi di surga. Di masa kini diamond dengan kualitas paling rendahpun (misalnya warnanya buruk), masih digunakan untuk keperluan industri.

Emerald
Emerald digunakan untuk penyembuhan physik dan emosional yaitu mengatasi penyakit di syaraf dan tidak adanya persepsi maupun kejernihan bathin. Di Persia dan sekitarnya dikatakan bahwa “Siapa yang memiliki pesona ini akan menikmati perlindungan khusus dari Tuhan”. Menurut legenda, Emerald berfungsi menguatkan memori dari pemiliknya, mempercepat daya pikir maupun kreativitas dan menolong untuk memprediksi masa depan.

Garnet
Menyeimbangkan gangguan di kelenjar Thyroid, mengatasi kurangnya toleransi terhadap orang lain, mengurangi kekerasan hati dan perasaan tidak mempunyai cukup popularitas.
Goldstone
Goldstone dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap pelawat/pengembara. Merupakan salah satu batu para petualang.

Jade/Giok
Jade dikatakan dapat membantu seseorang untuk relax dan bijaksana. Disebut sebagai batu dengan keseimbangan yang sangat baik, menolong seseorang untuk menyelaraskan pikiran dan tindakan serta mengatasi kekurang praktisan cara berpikir. Jade adalah intisari dari cinta, dihargai sebagai batu yang spesial. Dipercayai bahwa beberapa rahasia kebajikan akan menyerap ke dalam tubuh. Legenda mengatakan bahwa penjelajah Spanyol ke Amerika Tengah menggunakan jimat dari Jadeit untuk mencegah serta menyembuhkan sakit pinggul dan ginjal. Kegunaan lain bagi kesehatan yaitu meningkatkan penyembuhan pada organ-organ vital. Jade Hijau dapat meringankan gangguan pencernaan, membantu fungsi hati dan mengurangi kerusakan pada mata. Jade Merah membantu memerangi penyakit kewanitaan, terutama pada organ kandungan

Jasper
Jasper dapat mengusir arwah jahat dan melindungi terhadap ular maupun gigitan laba-laba. Bagi kesehatan, Jasper membantu proses penyembuhan dari lambung, menyeimbangkan kerja kelenjar endocrine.
Di abad ke 4, Jasper dikenal sebagai pembawa hujan yang hebat.
Jenis-jenis Jasper dan bantuan yang dapat diberikan :
Jasper kulit Leopard dikatakan dapat memberikan orang apa yang mereka butuhkan.
Poppy Jasper membantu memberi kebahagiaan didalam hidup.
Opalite Jasper dapat membantu untuk tidur nyenyak.
Jasper Coklat membantu fungsi hormonal wanita dan mengatasi rasa tidak aman.
Jasper Hijau membantu fungsi usus kecil, mencegah sembelit, mengurangi kejang pada usus serta memerangi luka di lambung, selain itu juga mengurangi Stress/rasa tertekan yang parah maupun meningkatkan perilaku mental secara positif.
Jasper Merah menyeimbangkan kerja lambung dan pancreas, meningkatkan energi serta memberikan perlindungan terhadap tekanan dari pihak luar

Lapis Lazuli
Lapis membantu seseorang untuk lebih memahami diri sendiri dan meluaskan sudut pandang. Juga membantu ketidakmampuan seseorang untuk memerima kepemimpinan orang lain. Baik untuk menentukan pilihan antara kata hati dan nalar, memberikan kebijaksanaan dan kejujuran. Menurut legenda, Lapis melindungi pemakainya dari kekuatan jahat. Merupakan obat untuk kemurungan jiwa dan demam tertentu serta menguatkan tubuh selama mengalami kesadaran spiritual.

Moonstone
Moonstone dikatakan dapat menyeimbangkan yin/yang, mengatur fungsi kelenjar Pituitary, menjernihkan dan meningkatkan panca indera. Juga membantu orang yang kurang sensitif/tanggap terhadap diri sendiri dan orang lain (mengurangi keegoisan). Di India, moonstone dihargai sebagai batu suci/keramat. Dipercaya akan membawa masa depan yang baik. Legenda mengatakan bahwa Moonstone adalah hadiah yang sangat berharga untuk kekasih karena akan membangkitkan gairah kelembutan dan biasa disebut sebagai batu yang menimbulkan cinta kasih.

Onyx
Onyx dan Sardonyx dapat membantu koordinasi tubuh, memberi perlindungan dari pengaruh buruk lingkungan sekitar serta dapat mengendalikan diri. Onyx Hitam digunakan untuk merubah suatu kebiasaan buruk. Onyx Mexico (chalcedony putih dan coklat) menolong agar tidur nyenyak. Sard adalah pelindung terhadap mantera atau ilmu sihir. Juga dapat menajamkan rasa humor dari pemakainya.

Opal
Opal digunakan untuk melihat posibilitas, membantu seseorang memiliki kapasitas untuk berbagi rasa cinta dan meningkatkan kestabilan psikis. Orang Arab percaya bahwa opal jatuh dari surga saat banyak petir, dari situ Opal mendapat warnanya yang berapi. Zaman dulu Opal dianggap sebagai lambang kejujuran dan percaya diri. Opal sangat kuat pengaruhnya dalam ritual sihir. Karena Opal berkwalitas mengandung semua warna dari batu kelahiran lain, dapat dipergunakan atau diisi dengan energi serta kekuatan dari kombinasi semua batu kelahiran, juga digunakan untuk menggantikan batu kelahiran lain didalam menyebut mantra, ritual atau keperluan lain dari kekuatan sihir. Sering dihubungkan dengan alam maya dan penonjolan astral, juga digunakan untuk memanggil kembali kehidupan yang lalu (tiap warna mewakili sebuah kehidupan dari masa lalu). Opal memiliki kemampuan untuk penyembuhan, terutama meningkatkan kapasitas mental seperti imajinasi yang kreatif, kekuatan pikiran lain yang belum digunakan selama ini. Dari segi kesehatan Opal dipercaya dapat membantu proses asimilasi protein. Fire Opal sering digunakan didalam kegiatan pengumpulan dana bagi yang membutuhkan, biasa dikenakan sebagai liontin dengan kalung emas yang dikelilingi 10-12 Diamond, dipercaya mempunyai kekuatan untuk mengumpulkan uang yang hebat. Opal Hitam adalah alat pilihan tukang sihir/sulap, digunakan untuk meningkatkan penerimaan terhadap sulap/sihir mereka dan juga menonjolkan kekuatan mereka. Opal Hitam yang dikenakan dekat jantung sebagai kalung dan terbuat dari emas dikatakan dapat mengusir setan, melindungi orang dari mata setan, melindungi pengembara dalam perjalanan menuju tempat yang jauh. Opal juga telah digunakan sebagai ramuan ajaib untuk menyembuhkan tubuh, mengusir mimpi buruk dan sebagai alat untuk meningkatkan energi. Opal Putih kalau digunakan pada ritual disaat malam bulan purnama, dikatakan membawa kekuatan dari Dewi Bulan bagi tercapainya harapan bagi orang yang melaksanakannya. Opal sangat dihargai pada abad pertengahan, disebut sebagai “ophthalmios” atau “Batu Mata,” dikarenakan kepercayaan yang luas bahwa Opal bermanfaat bagi indra pengelihatan dan menyembuhkan penyakit mata. Wanita berrambut pirang memakai kalung Opal untuk melindungi dari hilangnya warna rambut mereka. Opal Hitam dihargai sebagai batu yang sangat membawa keberuntungan.

Mutiara
Mutiara menolong seseorang untuk lebih mengenal diri sendiri dan meningkatkan penghargaan terhadap dirinya. Mutiara membuat pemakainya dapat merasakan cinta dari orang yang memberi mutiara tersebut serta meningkatkan feminitas. Kegunaan lain yaitu membantu terbentuknya antibodi dan melawan infeksi serta membantu ketidakmampuan seseorang dalam mendidik orang lain.

Peridot
Peridot digunakan untuk membantu agar impian seseorang dapat jadi kenyataan. Legenda menyatakan bahwa bajak laut menyayangi Peridot karena melindungi dari kuasa kegelapan/setan. Jika Peridot diikat dengan emas (menjadi perhiasan emas), akan melindungi pemakainya dari teror di malam hari. Untuk kesehatan, Peridot membantu fungsi dari kelenjar adrenal, memberikan keseimbangan energi fisik dan membantu orang yang terlalu sering mengalami ketegangan emosional/stress.

Quartz
Quartz digunakan untuk keseimbangan, meningkatkan energi, memerangi pikiran negatif, menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk dan berbagai penyembuhan. Quartz juga mengatasi perasaan tidak diinginkan atau penolakan yang diterima seseorang. Quartz bening tanpa warna yang dibentuk sebagai bola kristal, telah digunakan oleh peramal sejak abad pertengahan untuk melihat dan memperkirakan masa depan. Jenis-jenis Quartz dan bantuan yang dapat anda terima adalah :
Druzy Quartz : Membantu seseorang yang tidak memiliki kecakapan untuk memahami persoalan (tidak mempunyai pengertian yang mendalam)
Rutilated Quartz : Mengurangi cara berpikir yang negatifnya saja.
Smokey Quartz/Kwarsa Coklat : Memberi dukungan emosional
White Quartz/Kwarsa Putih : Meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri.

Rose Quartz
Rose Quartz digunakan untuk keseimbangan emosi bagi seseorang, untuk hati yang terbuka dan untuk meminta maaf/pengampunan. Rose Quartz juga dipercaya dapat mempertahankan keremajan kulit serta mengatasi rasa rendah diri yang parah

Ruby
Ruby dikatakan akan membuka hati seseorang terhadap rasa cinta, mengatasi rasa takut menjadi jelek dan tidak dicintai serta menghilangkan kekurang beruntungan. Ruby juga dipakai untuk perlindungan terhadap perilaku sensitif dan menghindari perilaku menyimpang (mencegah terjadinya schizophrenia). Menurut legenda zaman dahulu, Ruby mampu untuk merujukkan/mendamaikan sepasang kekasih.

Sapphire
Sapphire dapat menjernihkan pikiran, meningkatkan kedamaian, kebahagiaan serta meningkatkan motivasi dan orientasi tujuan hidup. Raja-raja mengenakan Sapphire di leher mereka sebagai pertahanan yang kuat terhadap bahaya (tolak bala). Batu ini akan melindungi pemakainya dari rasa sirik dan membuat mereka merasa dekat ke Tuhan. Batu dipercaya dapat membantu seseorang yang merasa tidak memiliki kesempatan untuk tujuan/akhir yang lebih baik. Untuk kesehatan Sapphire dapat meningkatkan kadar potassium, magnesium, calcium dan melepaskan depresi mental.

Topaz
Topaz digunakan untuk menambah kekuatan, mencegah terjadinya penyakit ginjal dan kandung kemih. Zaman dahulu, ukiran burung elang di batu Topaz digunakan untuk menyatakan niat baik dari seorang raja, ratu dan hartawan. Orang Yunani mempercayai Topaz memberikan kekuatan. Topaz juga membantu mengatasi rasa marah (menenangkan emosi) dan melindungi terhadap tekanan pihak luar.

Tourmaline
Tourmaline digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit jaringan lymphatic dan anemia. Juga digunakan untuk meningkatkan kesuksesan dan keberhasilan. Tourmaline Pink untuk perlindungan dan meningkatkan keseimbangan pada wanita, sedang Tourmaline Hijau meningkatkan keseimbangan pada pria. Menurut legenda, pemakainya akan diperingatkan dari adanya bahaya dan kekurang beruntungan.

Turquoise
Turquoise membantu orang dalam memulai usaha baru. Dapat memperingatkan pemakainya dari bahaya/penyakit yang akan menyerang dengan perubahan warnanya. Di abad ke 13 Turquoise dikatakan melindungi pemakainya dari jatuh, terutama dari kuda. Juga digunakan bagi relaksasi tubuh, mengatasi rasa was-was/bingung, kekacauan mental, menenangkan emosi. Orang Indian percaya bahwa jika turquoise direkatkan di busur, anak panah yang ditembakkan pasti akan mengenai sasarannya. Juga dipercayai akan membawa kebahagiaan dan keberuntungan.

Zircon
Seperti Crystal, Zircon digunakan untuk berbagai penyembuhan. Zircon membantu seseorang untuk berdamai dengan dirinya sendiri dan mengatasi perasaan negatif atau rasa frustasi serta meningkatkan perilaku positif. Juga membuat pemakainya lebih bijaksana, terhormat dan kaya. Hilangnya cahaya/kilau dari sebuah Zircon dikatakan memperingatkan akan adanya bahaya bagi pemiliknya.

    BERSAMBUNG ........ 
    berbagai artikel

    Anda juga bisa mengunjungi link sajian produk kami yang lainnya di bawah ini :
    Sajian dalam website ini adalah merupakan sub produk dari www.makrifatbusiness.net online offline handicraft khas desa Tutul Jember Jawa Timur Indonesia yang di produksi oleh rumah produksi IMDA Handicraft 
     salam 

    Share this article :