News :

DAFTAR ISI

Kisah Mistik Tentang Kayu Bertuah STIGI NUSA BARONG Pantai Selatan Puger Jember Jawa Timur



Kisah mistik tentang kayu bertuah stigi khas pulau Nusa Barong ini dihimpun oleh team MAKRIFAT BUSIENSS dari masyarakat sekitar pulau Puger dan sekitarnya. Serta dari para nelayan serta penjelajah pulau Nusa barong. Disamping itu data kami peroleh dari senior, sesepuh serta para ahli mistik yang berpengalam tentang kayu bertuah secara universal. Kebenaran cerita ini hanya sebagai referensi diri bukan sebagai sesuatu yang harus di imani karena hal ini akan lebih dekat dengan kesyirikan yang nyata. Secara otomatis semuanya harus kita Tauhidkan hanya dan untuk kepadaNya saja. Amin .

 Setigi darat atau sering disebut sebagai stigi wulung warnanya coklat kehitaman hitam dan jika dipakai  semakin lama akan semakin hitam. Kayu ini berwarna coklat hitam yang di peroleh dari proses alam. Hasil penelitian dan temuan dari team MAKRIFAT BUSINESS bahwa semua jenis kayu stigi baik darat maupun laut dari manapun asalnya jika  jenis  kayu ini  tertimbun tanah selama puluhan tahun  maka warnanya akan semakin hitam .

Setigi darat/wulung kebaradaannya sudah sangat langka saat ini,  Konon  Pulau bengkoang dan pulau kembar di kepulauan karimun jawa Jepara merupakan pulau penghasil setigi terbaik di indonesia. Namun hasil penelitian dan temuan dari team MAKRIFAT BUSINESS ada jenis stigi darat yang luar biasa daya mistiknya yaitu STIGI DARAT asli dari Pulau Nusa Barong Pantai Puger Jember Jawa Timur, letaknya tidak jauh dari tempat tinggal team MAKRIFAT BUSINESS.

Jenis kayu stigi darat asli dari pulau NUSA BARONG  Puger Jember sebagai pulau dunia alam mistis yang tidak bertuan. Kalau jenis stigi darat asli karimun Jawa ini sering disebut dan dikenal sebagai RAJANYA KAYU BERTUAH maka jenis stigi darat asli pulau Nusa Barong Puger sering disebut sebagai SOKO GURU MISTIK  KAYU BERTUAH. Tuah alami kayu stigi Nusa Barong Puger Jember ini lebih maksimal dibanding jenis stigi yang lain, terutama untuk "KESAKTIAN, PENGIKAT, PELET, MAGIC, PELARIS, KESELAMATAN DLL"  tapi sayang sekali keberadaanya jenis stigi darat nusa barong tidak mudah untuk diambil walau rantingnya saja, disamping ketatnya perijinan masuk pulau nusa barong juga daya mistik dari jenis stigi darat nusa barong.
.

Hasil penelusuran team MAKRIFAT BUSINESS bahwa di puncak hutan pulau Nusa Barong  masih banyak jenis kayu kayu bertuah dan misterius, termasuk kayu yang mirip dan serupa dengan stigi yang bernama kayu PANCAL KIDANG, jenis kayu ini sungguh serupa dan tidak ada bedanya dengan jenis kayu stigi, hanya daunnya saja yang berbeda. Juga terdapat kayu kalimosodo, dewadaru dll . Untuk kali ini team MAKRIFAT BUSINESS akan kupas tuntas tentang misteri kayu stigi darat, stigi nuso, stigi barek, atau sering juga disebut sebagai stigi ular karena kayu ini sering dijaga ular ular besar asli pulau nusa barong. Maka sampai saat ini masih belum ada yang berani mengambil kayu ini dari puncak pulau nusa barong.  Sajian cerita ini hanyalah sekdar untuk menambah wacana kita semua tentang kayu bertuah, dan tidak menutup kemungkinan masih lagi juga terdapat di tempat lainnya. Monggo kerso silahkan di gali dan di kupas tuntas.

Sering ada cerita dan kejadian nyata yang dialami oleh team MAKRIFAT BUSINESS saat untuk mengambil ranting maupun fosilan dari stigi nusa barong mengalami kejadian kejadian misterik. Suatu ketika team MAKRIFAT BUSINESS mendatangi pulau ini dan bermaksud mengambil ranting kayu stigi darat, terpaksa niat ini di batalkan karena saat mau mengambilnya ternyata di jaga oleh ular dan harimau ghaib yang menghalangi.

 Suatu ketika juga pernah untuk niatan  mengambil fosilan fosilan kayu dari stigi nusa barong, memang kayu sudah berhasil diambil dari bebatuan tepi pantai pulau Nusa Barong yang dikenal dengan sebutan "MBAH SINDU" pada saat mau mendarat ke pantai Puger tiba tiba perahu dihajar gelombang besar hingga perahu oleng dan hampir tenggelam, saat itulah tiba tiba gelombang mulai surut dan fosilan kayu stigi yang di bawa juga hilang bersama redanya gelombang pantai puger yang menyimpan misteri pantai selatan. Hingga sampai saat ini tidak banyak orang yang berani mengambil lagi fosilan stigi dari pulau nusa barong. kata sesepuh pantai puger, kalau mau ke pulau nusa barong tidak boleh sombong atau menantang karena pasti kejadian aneh akan menimpanya.

Kejadian misterius juga pernah di alami oleh pelanggan yang membeli tasbih stigi asli nusa barong, pada saat di buat untuk berdzikir tarekat yang dipimpin oleh mursyidnya, tiba tiba para makmum geger karena ada salah satu tasbih makmum yang bisa gerak gerak sendiri dan melayang di udara,  pada saat tasbih dibuat dzikir, seharusnya tasbih secara umum jika dipakai dzikir akan menyentuh sajadah atau lantai tapi dalam kejadian ini semua butiran tasbih melayang layang di udari diantara jemari sang makmum tersebut. Kemudian jamaah dihentikan sejenak dan sang murid pemilik tasbih ditanya oleh sang mursyid "dari dari mana tasbih anda di dapat dan dari jenis kayu apa? " sang murid menjawab " terbuat dari kayu stigi dari pengrajin tasbih asal Jember Jawa Timur dan informasinya tasbih asli khas  pulau Nusa Barong".

Kemudian sang mursyid menundukkan sejenak aura daya mistik tersebut dengan kekuatannya hingga akhirnya dapat di redakan serta dijinakkan daya mistiknya hingga mengikuti petunjuk sang pemilik tasbih. Dari cerita tersebut artinya dalam tasbih tersebut ada daya energi yang digerakkan oleh mahluk halus yaitu Jin Muslim yang turut berdzikir dalam jamaah tersebut, bisa jadi asli penunggu dari tasbih tersebut atau salah satu murid dari mahluk halus yang menjadi makmum saat itu.


Kalau pulau Karimun Jawa  terkenal mistiknya karena sejarah dari wali songo, maka untuk pulau Nusa Barong ini lebih menonjolkan pada kisah mistik dari sisi misteriusnya pantai selatan. Pulau nusa barong pada jaman dahulu sering digunakan sebagai tempat bertapa, semedi dan persembunyian maupun penyendirian diri para mursyid, resi, dan sesepuh serta leluhur untuk menghabiskan sisa sisa umurnya, sehingga misterinya sampai saat ini masih belum terkupas tuntas. BERSAMBUNG ..................




Share this article :